Bagi petani yang sedang melakukan aktivitas di ladang, harap memperhatikan perkembangan cuaca terutama pada tanggal 20-24 September dimana potensi hujan ringan dapat mempengaruhi aktivitas pertanian
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan selama seminggu ke depan atau pada 18-24 September 2024 wilayah Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), akan mengalami cuaca yang bervariasi mulai dari cerah berawan hingga hujan ringan di beberapa wilayah.
 
Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai Decky Irmawan dihubungi dari Labuan Bajo, Selasa, mengatakan pada 18 September 2024 wilayah Kabupaten Manggarai umumnya cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan pada malam hari.
 
"Kecepatan angin berkisar antara 0-20 km/jam, kecepatan angin cenderung tinggi di wilayah Reok, Reok Barat, Cibal, dan Cibal Barat, serta pesisir bagian selatan," katanya.
 
Pada 19 September 2024, lanjut dia, cuaca umumnya cerah berawan hingga berawan, kecepatan angin berkisar antara 5 -30 km/jam. Kecepatan angin cenderung tinggi di wilayah Reok, Reok Barat, Cibal, dan Cibal Barat.

Baca juga: BMKG prakirakan hujan landa Banda Aceh hingga sepekan ke depan
 
Selanjutnya pada 20 September 2024 cuaca umumnya berawan, berpotensi hujan ringan di hampir seluruh wilayah Manggarai pada siang hingga sore hari. Kecepatan angin berkisar antara 0-30 km/jam. Kecepatan angin cenderung tinggi di wilayah Reok, Reok Barat, Cibal dan Cibal Barat.
 
Pada tanggal 21-24 September 2024 cuaca pada umumnya berawan, berpotensi hujan ringan pada siang hingga malam hari di hampir seluruh wilayah Manggarai. Kecepatan angin berkisar antara 0- 25 km/jam.
 
"Kecepatan angin cenderung tinggi di wilayah Reok, Reok Barat, Cibal dan Cibal Barat," ujar Decky.
 
Kepada masyarakat, kata dia, BMKG mengimbau agar masyarakat menyiapkan payung atau jas hujan, terutama pada siang hingga malam hari, karena berpotensi hujan ringan di berbagai wilayah, terutama mulai tanggal 20-24 September 2024.

Baca juga: Selasa, BMKG prakirakan mayoritas wilayah berawan dan hujan ringan
 
"Bagi petani yang sedang melakukan aktivitas di ladang, harap memperhatikan perkembangan cuaca terutama pada tanggal 20-24 September dimana potensi hujan ringan dapat mempengaruhi aktivitas pertanian," katanya.
 
Ia juga meminta warga untuk mewaspadai perubahan cuaca mendadak, terutama di wilayah dataran tinggi yang rentan terhadap kondisi cuaca yang lebih dingin pada pagi dan malam hari.
 
"Bagi masyarakat yang berencana melakukan perjalanan jauh, pastikan untuk selalu memantau prakiraan cuaca harian guna menghindari kondisi cuaca yang tidak mendukung," katanya.

Baca juga: BMKG prakirakan cuaca sebagian besar Indonesia hujan ringan Senin

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024