Jakarta (ANTARA) -
Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso memberikan masukan dan berbagi pengalaman kepada pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Dharma Pongrekun-Kun Wardana yang maju Pilkada melalui jalur independen.
 
"'Sharing' (berbagi) pengalaman saat memimpin Jakarta dua periode (1997-2002 dan 2002-2007) seperti apa," kata Sutiyoso usai bertemu dengan Dharma-Kun di kediamannya di Jalan Raya Kalimanggis, Kelurahan Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat, Selasa.
 
Menurut dia, setiap daerah dan setiap provinsi tentunya memiliki perbedaan sehingga membutuhkan sosok gubernur yang memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda pula.
 
"Pengalaman itu tentu saja sudah saya sampaikan kepada beliau berdua. Ya mudah-mudahan ada manfaatnya," kata Bang Yos, sapaan Sutiyoso.

Baca juga: Dharma-Kun sambangi Sutiyoso
 
Pasangan bakal calon DKI Jakarta Gubernur Dharma Pongrekun (kiri) dan bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Kun Wardana (tengah) melihat koleksi museum bersama mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso (kanan) di Museum Bang Yos, Jatikarya, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/9/2024). Pada pertemuan tersebut Dharma Pongrekun-Kun Wardana berdiskusi tentang kondisi Jakarta dan meminta nasihat Sutiyoso sebagai bekal maju dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/tom.
Sementara itu, Dharma Pongrekun menyebutkan Bang Yos memberikan semua ilmunya dalam membangun Kota Jakarta.
 
"Tadi kami berbicara cukup banyak, hampir 1,5 jam. Mulai dari menata kota agar Jakarta dengan memperhatikan 13 sungai dan moda transportasi umum yang terintegrasi untuk meminimalisir kemacetan," katanya.

Dalam pertemuan itu, Bang Yos juga membicarakan soal demografi dan geografi di Jakarta. Bang Yos menekankan kepada Dharma-Kun agar bekerja ikhlas untuk kepentingan rakyat Jakarta.

"Kami datang ke sini untuk bersilaturahmi. Saya dan Pak Kun meminta doa restu dan dukungannya agar kami bisa berjalan yang diridhoi Tuhan," kata Dharma.

Baca juga: Dharma Pongrekun minta relawan bergerak sendiri tapi saling koordinasi
 
Calon gubernur DKI Jakarta Dharma Pongrekun (tengah) saat memberikan keterangan pers usai berkunjung ke kediaman mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso di Jalan Raya Kalimanggis, Kelurahan Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/9/2024). ANTARA/Syaiful Hakim

Bakal cawagub DKI Jakarta Kun Wardana menambahkan, pengalaman yang dimiliki Bang Yos sangat luar biasa.
 
"Berbagai penghargaan kami lihat telah ditorehkannya. Masukan-masukan yang diberikan kepada kami adalah suatu 'guidance' atau panduan," katanya.

Jadi yang telah diperjuangkan untuk Jakarta, di masa lalu itu memang penuh dengan perjuangan. "Dan kami sangat terinspirasi dengan pengalaman dan saran-saran beliau kepada kami dari independen, juga sangat kami hargai sekali, ini masukan yang sangat luar biasa," kata Kun.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan tiga pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta telah memenuhi syarat administratif untuk maju di Pilkada DKI Jakarta.
 
Ketiga pasangan calon (paslon) tersebut, yakni Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel), Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun).

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024