Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Senin (16/9) kemarin menjadi sorotan, mulai dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terbuka untuk bertemu siapa saja hingga polisi menggagalkan pengiriman 14 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) non-prosedural yang hendak bekerja ke Kamboja.

Berikut rangkuman berita hukum yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Polisi bandara gagalkan keberangkatan belasan CPMI ke Kamboja

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), menggagalkan upaya pengiriman 14 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) non-prosedural yang hendak bekerja ke Kamboja.

Kasat Reskrim Polresta Bandara Soetta Kompol Reza Fahlevi di Tangerang, Senin menyampaikan bahwa penggagalan pengiriman terhadap belasan CPMI tersebut dilakukan di Kawasan Terminal Bandara dengan waktu yang berbeda-beda.

Petugas turut mengamankan dua orang pria yang diduga sebagai penyalur para CPMI non-prosedural tersebut.

"Para korban dan dua orang yang memberangkatkan itu terjaring dalam Operasi Pencegahan Keberangkatan CPMI Non-prosedural yang digelar Polresta Bandara Soetta," paparnya.

Selengkapnya klik di sini.

2. Polisi kembali buka jalan ke Puncak setelah tutup lebih dari 8 jam

Kepolisian Resor Bogor membuka kembali jalan menuju kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, setelah melakukan penutupan lebih dari 8 jam sejak Senin pukul 06.30 WIB.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Rizky Guntama mengatakan bahwa pihaknya kini melakukan penormalan kedua arah setelah merekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah menuju Jakarta sejak pagi.

"Lalu lintas di jalur Puncak sudah landai. Sekarang kami melaksanakan penormalan mulai dari batas antara Cianjur dan Bogor," ungkap AKP Rizky di Cisarua.

Selengkapnya klik di sini.

3. Lapas Narkotika Karang Intan panen 50 kilogram sayur kangkung

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Karang Intan memanen sebanyak 50 kilogram sayur kangkung hasil program pembinaan kemandirian warga binaan di lahan perkebunan sarana asimilasi dan edukasi (SAE).

"Kami bangga atas panen ini karena murni hasil kerja keras warga binaan dalam menggeluti pertanian," kata Kepala Lapas Narkotika Karang Intan Edi Mulyono di Martapura, Kalimantan Selatan, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

4. Istana: Jokowi terbuka bertemu siapa saja, termasuk pimpinan KPK

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menekankan Presiden Joko Widodo terbuka untuk bertemu siapa saja, termasuk pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu disampaikan Ari menyikapi pernyataan Ketua KPK Nawawi Pomolango yang sempat menyatakan bahwa jajarannya sulit bertemu Presiden Joko Widodo dan tidak pernah diundang ke Istana untuk membicarakan pemberantasan korupsi.

"Prinsipnya, Bapak Presiden terbuka untuk bertemu dengan siapa saja, termasuk pimpinan KPK," ujar Ari Dwipayana dalam pesan singkat di Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

5. Polisi Sukabumi Kota tangkap komplotan penipu modus penggandaan uang

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sukabumi Kota menangkap tujuh terduga pelaku kasus penipuan dengan modus penggandaan uang yang mengakibatkan kerugian korban mencapai Rp1 miliar.

"Tujuh pelaku tersebut berinisial S (37), H (43), A (43), JS (54), YS (44), OS (42) dan AS (54). Mereka ditangkap di Ciwalen, Kabupaten Cianjur pada Minggu sekitar pukul 04:00 WIB," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rita Suwadi di Sukabumi, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024