Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Senin (16/9) kemarin menjadi sorotan, mulai dari pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 bebas dari intervensi aparat hingga Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri mendorong pembuatan hukum internasional yang mengatur penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Berikut rangkuman berita politik yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Polisi Penajam siagakan personel seiring dibukanya kunjungan umum IKN

Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menginstruksikan Kepolisian Sektor (Polsek) Sepaku menyiagakan personel untuk menjaga keamanan dan kelancaran lalu lintas seiring mulai dibukanya kunjungan umum ke Ibu Kota Nusantara, ibu kota negara baru Indonesia.

"Kami instruksikan Polsek Sepaku untuk siagakan personel di lapangan, yang wilayah kerja berada paling dekat kawasan IKN," jelas Kepala Polres (Kapolres) Penajam Paser Utara Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Supriyanto di Penajam, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

2. Kemensetneg nyatakan telah terima surat Arsjad Rasjid

Kementerian Sekretariat Negara menyatakan telah menerima surat dari Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo.

"Hari Minggu, tanggal 15 September 2024, Kementerian Sekretariat Negara telah menerima surat dari Bapak Arsjad Rasjid," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan singkat di Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

3. Pengamat: Pertemuan Prabowo dan Megawati baik untuk bangsa

Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio (Hensat) menilai pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan membawa kebaikan untuk Indonesia.

"Pertemuan Megawati-Prabowo ini hal yang luar biasa jika terjadi, keduanya bertemu sebagai pemenang Pilpres dan Pileg, bisa membawa suatu perbaikan dan kebaikan untuk Indonesia," kata Hensat di Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

4. Megawati ajak dunia buat hukum internasional atur penggunaan AI

Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mengajak pemerintah negara-negara di dunia untuk segera menyusun hukum internasional yang mengatur penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Megawati menyampaikan hal itu dalam kuliah umum bertajuk Tantangan Geopolitik dan Pancasila sebagai Jalan Tata Dunia Baru. Kuliah disampaikan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Ke-300 Universitas Saint Petersburg di Rusia, Senin.

Megawati memberi penekanan pada risiko AI jika disalahgunakan oleh para aktor nonnegara (non-state actors).

Selengkapnya klik di sini.

5. IDR: Pilkada harus bebas dari intervensi aparat

Direktur Eksekutif Indonesia Development Research (IDR) Fathorrahman Fadli mengatakan Pilkada Serentak 2024 harus bebas dari intervensi birokrasi pemerintah dan aparat yang berpotensi memicu keributan di mana akan mengganggu stabilitas keamanan nasional.

"Pilkada harus dibiarkan berjalan dengan alamiah, agar terjadi kontestasi yang sehat diantara kandidat. Biarkan rakyat memilih sesuai kehendak mereka," kata Fathorrahman dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024