Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa humaniora terjadi di Tanah Air di sepanjang Senin (16/9). Di antaranya, Sejarah dan pengertian Maulid Nabi dalam Islam hingga Masyarakat Jakarta dipersiapkan menghadapi risiko gempa megathrust.

  Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

  Sejarah dan pengertian Maulid Nabi dalam Islam

  Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah.

  Tradisi ini telah menjadi salah satu momen penting bagi umat Islam di berbagai belahan dunia untuk mengenang kehidupan dan ajaran Nabi Muhammad SAW. Maulid dalam bahasa Arab berarti kelahiran. Tradisi perayaan Maulid Nabi muncul di kalangan umat Islam setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

  Peringatan ini tidak hanya sekadar memperingati hari lahir, tetapi juga momentum untuk mengingat kembali perjalanan hidup, perjuangan, dan akhlak Rasulullah sebagai panutan bagi umat Islam. Perayaan ini memperkuat persaudaraan muslim dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  Selengkapnya baca di sini

  Contoh susunan acara dalam peringatan Maulid Nabi

  Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu tradisi penting bagi umat Islam yang dilakukan setiap tahun untuk mengenang kelahiran Rasulullah.

  Acara ini biasanya diselenggarakan di masjid, aula, sekolah ataupun tempat umum, serta melibatkan jamaah muslim dari berbagai kalangan.

  Maulid Nabi menjadi hari besar umat Islam yang diperingati setiap 12 Rabiul Awal dalam kalender hijriah. Tahun ini, peringatan Maulid Nabi jatuh pada 16 September 2024.

  Selengkapnya baca di sini

  Jokowi ajak masyarakat jadikan kehidupan Rasulullah inspirasi kebaikan

  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan kehidupan Rasulullah sebagai sumber inspirasi dalam menebar kebaikan dan kedamaian.

  Ajakan itu diposting oleh Tim Komunikasi Digital Presiden di akun Instagram @jokowi yang terbit bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dilansir di Jakarta, Senin.

  "Di hari Maulid Nabi Muhammad SAW, mari jadikan kehidupan Rasulullah sebagai inspirasi untuk menebar kebaikan dan kedamaian bagi sesama," katanya.

  Selengkapnya baca di sini

  Maulid Nabi, refleksi peran Muhammad SAW mempersatukan umat beragama

  Maulid Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Setiap tahun, peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW diperingati dengan berbagai cara, mulai dari pengajian, ceramah, hingga kegiatan sosial.

  Lebih dari sekadar seremoni, Maulid Nabi memiliki makna mendalam yang relevan bagi kehidupan umat manusia, khususnya dalam konteks persatuan dan perdamaian antarumat beragama.

  Di tahun 1446 Hijriah yang bertepatan dengan 2024 ini, momen Maulid Nabi menjadi lebih signifikan, mengingat semakin mendesaknya kebutuhan untuk memperkuat toleransi dan persatuan di tengah kompleksitas sosial dan politik, salah satunya di Indonesia.

  Selengkapnya baca di sini

  Masyarakat Jakarta dipersiapkan hadapi risiko gempa megathrust

  Masyarakat di Jakarta mulai dipersiapkan untuk menghadapi risiko gempa bumi megathrust segmen Selat Sunda melalui serangkaian pelatihan simulasi bencana oleh pemerintah provinsi setempat.

  “Dalam waktu dekat kami akan melakukan simulasi secara serentak, untuk mengurangi risiko bencana megathrust yang kembali menjadi perhatian,” Ketua Sub-kelompok kedaruratan dan penanganan pengungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta, Wardaya dalam siniar bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diikuti di Jakarta, Senin.

  Wardaya menjabarkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan berbagai skenario simulasi supaya bisa menjangkau semua kalangan masyarakat Jakarta.

  Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024