Banda Aceh (ANTARA) - Technical Delegate cabang olahraga Shorinji Kempo Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, Wartoyo, menyebut sedikitnya 249 atlet sudah siap tampil di 22 nomor lomba cabang kempo pesta olahraga akbar empat tahunan tersebut.

Cabang kempo akan mulai dipertandingkan pada Selasa (17/9) di GOR KONI Provinsi Aceh, Banda Aceh.

"Sekira 249 atlet ya yang akan bertanding di 22 nomor. Jadi kalau ditambah official jadi 359an," kata Wartoyo kepada pewarta, Senin.

Wartoyo mengatakan dalam cabang kempo PON 2024 kali ini akan menggunakan sistem eliminasi ganda dimana penghitungan poin maupun knock out dilakukan sebanyak dua kali.

"Karena PON kali ini, Kempo menggunakan sistem double elimination. Jadi, di dalam dua arti, ada kerapihan teknik, dan randu di pertandingan bebas itu menggunakan double elimination. Artinya dua kali kalah baru mereka dinyatakan gugur," ujar Wartoyo.

Baca juga: Aceh siapkan 21 kenshi hadapi PON XXI Aceh-Sumut
Baca juga: Panpel: Persiapan pertandingan Shorinji Kempo PON XXI rampung


249 atlet yang bertanding nantinya merupakan kontingen dari 25 provinsi yang telah menjalani pemeringkatan melalui Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional.

Sebelum melakoni pertandingan, 249 atlet dari 25 provinsi tersebut baru menjalani penimbangan berat badan dan dinyatakan tidak ada kendala.

"Tadi pagi dilakukan timbang badan untuk keabsahan atlet yang akan bertanding. Sudah selesai dan tidak ada masalah. Hari ini kita technical meeting. Dari hasil technical meeting ini akan keluar drawing-nya, yang besok akan segera di-publish untuk setelah dilaksanakan," ujar Wartoyo.

Baca juga: Renang - Flairene pecahkan rekor PON nomor 50m gaya punggung putri
Baca juga: Tim panahan Kaltim raih emas compound beregu putri

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024