Prosesi Baayun Anak atau Baayun Maulid ini merupakan tradisi yang mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dengan budaya lokal
Tapin, Kalsel (ANTARA) - Sebanyak 3.329 peserta dari berbagai daerah mengikuti tradisi Baayun Maulid (mengayun anak) di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai ungkapan syukur kelahiran Nabi Muhammad SAW yang tahun ini diperingati pada 16 September 2024 sekaligus untuk mendoakan masa depan anak.

Penjabat Bupati Tapin M Syarifuddin di Rantau, Tapin, Senin, mengatakan prosesi ini dilaksanakan dengan mengayun anak yang dibacakan ayat-ayat suci Al Quran bertempat di Masjid Keramat, Desa Banua Halat, Kecamatan Tapin Tengah.

Baca juga: Warga Bangka Tengah arak-arakan ribuan telur peringati Maulid Nabi

“Peserta terjauh berasal dari DKI Jakarta dan Yogyakarta. Sementara peserta termuda berusia sembilan hari dari Kabupaten Tapin, dan pendamping tertua berusia 80 tahun berasal dari Hulu Sungai Utara,” ujarnya.

Dia menjelaskan, prosesi Baayun Anak atau Baayun Maulid ini merupakan tradisi yang mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dengan budaya lokal.

“Selain sebagai ungkapan syukur merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW, tetapi juga menunjukkan rasa syukur dan pengharapan untuk masa depan bayi maupun orang-orang yang diayunkan,” ucapnya.

Syarifuddin mengatakan tradisi ini merupakan tradisi asli dari Kabupaten Tapin, dan juga dilaksanakan di beberapa daerah di Kalimantan Selatan.

Baca juga: MUI Bandarlampung: Jadikan Maulud Nabi untuk perbaiki akhlak

Dia berharap tradisi Baayun Maulid ini dapat terus dipertahankan sebagai kekayaan budaya yang memiliki nilai-nilai keagamaan yang dipadukan dengan budaya lokal.

Menurut dia, prosesi Baayun Maulid berjalan dengan lancar dan khidmat karena tidak ada suatu kendala yang berarti sehingga para peserta dari berbagai daerah Kalimantan dan luar pulau mengikuti tradisi dengan baik.

Prosesi Baayun Anak ini turut dihadiri Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin, PJ Bupati Tapin M Syarifuddin, Sekretaris Daerah Tapin Sufiansyah, Ketua sementara DPRD Tapin Achmad Riduan Syah, Kepala Disbudpar Tapin Hamdan Roesyadie, PJ Ketua TP PKK Masrupah, Ketua DWP Tapin Mashuriyah, Kapolres Tapin AKBP Jimmy Kurniawan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para habaib dan perwakilan Forkopimda Tapin.

Baca juga: Daop Yogyakarta catat 100.166 penumpang KA selama libur Maulid Nabi

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024