Medan (ANTARA) - Pebiliar dari tim DKI Jakarta Edward meraih medali emas usai mengalahkan wakil Gorontalo Leo Ferrehend dalam laga final nomor 15 ball single putra PON Aceh-Sumut 2024 di Pardede Hall, Medan, Senin.

Edward mampu mengatasi perlawanan sengit dari Leo pada laga pamungkas itu dengan skor akhir 6-4 dan mempersembahkan emas ketiga dari cabang biliar untuk DKI Jakarta.

Ia mendominasi laga sejak awal sehingga mampu mengantongi kemenangan lima set berturut-turut untuk menciptakan skor menjadi 5-0.

Edward hanya membutuhkan satu lagi kemenangan untuk memastikan gelar juara, namun masih tertunda karena Leo melakukan perlawanan balik dengan merebut empat set berikutnya untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 5-4. 

Set berikut berlangsung cukup lama karena kedua pebiliar saling menjaga bola.

Edward mendapatkan peluang yang mampu dimaksimalkan untuk mencetak poin hingga mengakhiri laga dengan kemenangan.

"Permainan ketat banget, wakil dari Gorontalo juga mentalnya bagus banget, enggak goyah (ketika tertinggal skor 0-5)," ujar Edward kepada ANTARA usai pertandingan.

Ia mengaku puas karena kembali meraih emas pada PON kali ini setelah pada PON Papua juga meraih emas cabang biliar pada nomor 10 ball dobule putra.

Baca juga: Biliar - Gebby pertahankan gelar juara snooker single PON

Perolehan emas tersebut menambah pundi emas untuk tim Jakarta dari cabang biliar menjadi tiga emas. Dua emas sebelumnya disumbangkan rekannya yang bermain pada nomor carom dan 9 ball single putri.

Pada PON Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung selama 9-19 September, cabang biliar mempertandingkan lima nomor utama yaitu pool putra, pool putri, carom, english billiard, dan snooker.

Turnamen diikuti 127 atlet putra dan 14 atlet putri. Para atlet berasal dari 32 provinsi yaitu, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bengkulu, Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara.

Selain itu, Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Papua, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Barat, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo.

Baca juga: Pebiliar Marlando perkuat dominasi Sumatera Utara dengan emas kelima
Baca juga: Sahroni persembahkan emas pertama cabang biliar untuk Kalimantan Barat

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024