Aceh Besar (ANTARA) - Tiga atlet dayung Jawa Barat peraih lima medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 mengungkapkan kunci sukses masing-masing selama pelaksanaan pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Indra Hidayat, Dede Sunandar, dan Wandi memang bercerita banyak tentang kesuksesan masing-masing, tetapi ketiganya memiliki satu kesamaan yakni menjunjung tinggi disiplin, demikian mereka bercerita selepas tampil di Bendungan Keuliling, Aceh Besar, Senin.

Indra mengaku selama ini dirinya selalu berlatih keras dan menunjung tinggi disiplin, termasuk mengoptimalkan manajemen waktu demi menjaga kondisi fisik dan mental agar selalu siap menghadapi kompetisi.

"Sejak latihan kami sudah terbiasa pukul 21.00 WIB itu sudah tidur dan handphone kami matikan," kata peraih medali perak SEA Games 2021 Hanoi tersebut.

Atlet kelahiran 25 Agustus 2002 itu menambahkan bahwa selain disiplin, tentunya ada peran besar dari dokter dan tim pemantau gizi yang selalu menyiapkan suplemen serta vitamin bagi para atlet dayung.

Senada dengan Indra, Dede juga menekankan kedisiplinan dalam latihan sebagai salah satu kunci kesuksesan memetik prestasi. Selain itu, Dede menyoroti pentingnya mengikuti setiap arahan pelatih agar bisa menunjukkan performa terbaik tiap kali turun berlaga.

"Latihan yang serius dan fokus saat pertandingan," kata atlet berusia 21 tahun yang melakoni debutnya di level PON itu.

Baca juga: Dayung - Bumi Pasundan kembali tambah pundi-pundi emas
Baca juga: Pelatih dayung Jawa Barat Suryadi beri sinyal pensiun usai PON XXI


Masih satu pandangan dengan kedua rekannya tentang disiplin, Wandi menambahkan bahwa hal itu juga perlu diterapkan dalam aktivitas menjaga kebugaran bukan hanya ketika hendak bertanding tetapi juga dalam keseharian di luar rutinitas berlatih.

"Saya selalu berusaha menjaga kebugaran tubuh salah satunya joging," ujar Wandi.

Indra, Dede, dan Wandi sama-sama meraih empat medali emas dayung PON XXI melalui nomor kayak 4 orang 500m putra, perahu naga 12 orang 1.000m putra, perahu nagara 12 orang 500m putra, dan perahu naga 12 orang 200m.

Dede dan Wandi juga meraih satu medali emas dayung PON XXI yang sama yakni lewat nomor kayar 2 orang 500m putra. Sedangkan Indra menyabet medali emas dayung kayak 1 orang 1.000m putra PON XXI.

Ketiganya bahkan masih berpeluang untuk menambah koleksi medali emas, mengingat masih ada tiga nomor perlombaan yakni perahu naga 22 orang 1.000m campuran, perahu naga 22 orang 500m campuran, dan perahu naga 22 orang 200m campuran.

Baca juga: Kandaskan Sulteng, Jateng segel tempat di semifinal bola voli putra
Baca juga: BMX - tenang dan fokus kunci Amellya Nur Sifa sabet emas racing putri

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024