Banda Aceh (ANTARA) - Atlet panjat tebing asal Jawa Barat Widia Fujiyanti mengisyaratkan keinginan untuk rehat dari kompetisi setelah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

"Mungkin saya mau 'rest' dulu karena sudah lumayan panjang juga perjalanan saya di panjat tebing," kata Widia di Banda Aceh, Senin.

Hal tersebut disampaikan perempuan kelahiran Bogor, 5 Januari 1999 itu usai menerima medali emas nomor lead perorangan putri.

Widia mengaku sudah hampir 15 tahun menekuni dan berkompetisi di olahraga panjat tebing sehingga merasa sudah saatnya untuk beristirahat.

"Jadi, mungkin tetap mau panjat tebing (sekadar, red.) olahraga, tapi mau vakum dulu dari kompetisi, mau mencoba hal-hal lain yang baru," kata atlet berusia 25 tahun itu.

Kemungkinan, kata dia, PON Aceh-Sumatera Utara itu adalah PON terakhir yang diikutinya karena ia memutuskan untuk beristirahat.

Namun, Widia tak menutup kemungkinan untuk kembali terjun ke kompetisi seandainya keinginan itu muncul lagi dan ada kesempatan.

Baca juga: Widia sumbang emas panjat tebing untuk Jabar dari lead perorangan

"Mungkin nanti kalau misalkan punya keinginan lagi atau masih ada kesempatan, mungkin saya bakal balik lagi," katanya.

Selain medali emas nomor lead perorangan putri, Widia juga mempersembahkan medali perunggu di nomor di nomor combined (B&L) mix berpasangan dengan sang suami, Bim Sigrid.

Sedangkan di PON XX Papua, Widia sempat meraih satu medali emas nomor lead perorangan putri, satu perak nomor combine (boulder and lead) perorangan, dan dua perunggu di nomor boulder dan lead tim.

Cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh-Sumut mempertandingkan 16 nomor, dan 10 di antaranya sudah final, yaitu combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, speed relay putra dan putri, combined (B&L) mix, dan speed world record (WR) perorangan putra dan putri, boulder perorangan putri, serta lead perorangan putra dan putri.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing diikuti 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri dari 103 atlet putra dan 85 atlet putri.

Baca juga: Panjat tebing - dua medali emas diperebutkan pada Senin
Baca juga: Panjat tebing - Alma bersaing ketat di final lead perorangan putri

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024