Deli Serdang (ANTARA) - Pelari Nella Agustin kembali mempersembahkan medali emas untuk kontingen Sumatera Utara pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024, kali ini dari nomor 400 meter gawang putri.

Pada babak final yang digelar di Stadion Madya Atletik Sport Center Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin, Nella Agustin finis di posisi pertama dengan catatan waktu 58,3 detik, sekaligus memecahkan dua rekor yaitu rekor nasional dan rekor PON.

Rekor nasional sebelumnya diciptakan oleh Viera Hetari dari Maluku dengan catatan waktu 59,64 detik pada 2011.

Sementara rekor PON sebelumnya atas nama Maryati dari Nusa Tenggara Barat (NTB) yang tercipta pada PON 2012 di Riau dengan waktu 60,31 detik.

Nella Agustin mengaku tidak menduga bisa memecahkan dua rekor sekaligus di nomor 400 meter gawang putri karena ia tidak pernah berpikir untuk memecahkan rekor tetapi hanya berkeinginan mempersembahkan medali emas untuk Sumatera Utara.

"Alhamdulillah kembali bisa menyumbangkan emas untuk Sumatera Utara. Terima kasih kepada pelatih dan pengurus PASI dan KONI yang selama ini telah memberikan dukungan kepada saya," katanya.

Baca juga: Wahyudi kawinkan emas lari 1.500 m dan 800 m untuk Jakarta

Sedangkan medali perak di nomor lari 400 meter gawang putri diraih Dede Hati dari Jawa Barat dengan catatan waktu 61,57 detik dan perunggu diraih Hilda Sesri Rahayu dari Sumatera Barat dengan waktu 63,28 detik.

Sebelumnya pada Jumat (13/9) di nomor 200 meter putri, Nella Agustin juga berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 23,61 detik sekaligus memecahkan rekornas atas namanya sendiri dengan waktu 23,63 detik.

Selain itu catatan waktu tersebut juga memecahkan rekor PON yang sebelumnya diciptakan Irene Truitje Joseph (Maluku) di PON Jawa Timur 2000 dengan catatan waktu 23,98 detik.

Baca juga: Atletik - Sabet emas perdana, Robi sebut berat bertarung akibat cuaca
Baca juga: Atletik - Raih emas, Nur Aini: Lawan terberat adalah diri sendiri

Pewarta: Juraidi
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024