Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Tim golf putri Bali di nomor pertandingan foursome tidak menyangka bisa meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024, sekaligus menjadi emas pertama dari cabang olahraga golf untuk Bali.

Tim foursome putri Bali yang diperkuat Meva Schmit dan Putu Mayvil menjadi yang terbaik usai mencatatkan 150 pukulan atau enam over (di atas) par (pukulan maksimal yang harus dipenuhi) dalam dua ronde pertandingan. Par yang ditetapkan pada dua ronde tersebut adalah 144 pukulan untuk 36 holes. 

"Campur aduk perasaannya, tidak menyangka karena di akhir kami sempat mencatatkan double over par," ujar Mayvil saat ditemui usai pertandingan di Royal Sumatra Golf Course, Medan, Sumatera Utara, Senin.

Pada ronde pertama, tim golf untuk pertandingan nomor foursome putri dari Bali tersebut mencatatkan 74 pukulan, sedangkan pada ronde kedua mencatat 76 pukulan.

Di awal pertandingan ronde kedua yang menentukan kemenangan, Meva dan Mayvil bermain aman dengan cenderung mencatatkan par, meski sempat mencatat satu kali bogey pada hole 7.

Beberapa par selanjutnya dicetak keduanya secara konsisten menuju akhir pertandingan, meski kembali mencatat dua kali bogey pada hole 15 dan hole terakhir, yakni 18. Dengan demikian total bogey yang dicatat sepanjang ronde terakhir sebanyak tiga kali dan tanpa mencatatkan birdie.

Meva mengaku, berusaha untuk terus bermain solid bersama Mayvil merupakan salah satu kunci kemenangan mereka pada nomor pertandingan kali ini.

"Terutama pada ronde pertama kemarin, kami usahakan terus main secara solid sebagai fondasi untuk di hari kedua ini," ucap Meva.

Baca juga: Kentaro lanjutkan pertandingan golf "foursome" meski sempat pingsan

Keduanya pun mempersembahkan medali emas tersebut untuk seluruh masyarakat Bali, Persatuan Golf Indonesia (PGI) Pengurus Provinsi Bali, serta keluarga yang telah memberikan banyak dukungan selama ini.

Sementara itu, medali perak di nomor foursome putri menjadi hak Jawa Barat dan medali perunggu diraih Kalimantan Timur.

Tim Jabar yang diperkuat Rana Mukawa dan Rayi Geuliz meraih medali perak usai mencatat 151 pukulan atau tujuh over par. Sementara tim Kaltim yang terdiri dari Rani Ardelia dan Yuniar Pamadya mencatat 152 pukulan atau delapan over par. Nomor pertandingan foursome putri digelar bersama dengan pertandingan foursome putra pada 15-16 September. Selanjutnya pada 17-18 September akan digelar nomor pertandingan terakhir golf pada PON kali ini, yakni foursome mix (campuran).

Sebelumnya, telah digelar pertandingan nomor perorangan putra, perorangan putri, beregu putra, dan beregu putri pada 12-14 September. Pada nomor perorangan putra, beregu putri, dan beregu putra medali emas diraih oleh DKI Jakarta, sedangkan pada nomor perorangan putri, medali emas diraih oleh tuan rumah, Sumut.

Baca juga: Golf - Sumut pimpin klasemen sementara "foursome" putra PON
Baca juga: DKI Jakarta unggul di ronde pertama nomor foursome putri golf


Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024