Tangerang (ANTARA) - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kota Tangerang, Banten dimeriahkan arak-arakan perahu, gunungan Maulid, hingga pembagian 1.446 porsi nasi kebuli kepada masyarakat, Senin.

“Alhamdulillah antusias masyarakat luar biasa, abis keliling lalu kita sarapan bersama sambil menikmati musik gambus,” kata Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al Ittihad Kota Tangerang di Tangerang, Senin.

Kegiatan itu, dimulai dengan rombongan arak-arakan perahu dan gunungan yang diikuti hampir 1,500 orang dari kalangan masyarakat dan sejumlah pondok pesantren di Kota Tangerang.

"Alhamdulillah Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW 1446 H ini kita dapat berkumpul bersama sebagai wujud cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW," katanya.

Ia mengatakan tradisi arak-arakan perahu Maulid yang merupakan warisan budaya harus terus dijaga dan dilestarikan sehingga Kota Tangerang tidak kehilangan identitas sebagai kota beragam budaya.

“Ini merupakan wujud upaya kita dalam melestarikan khazanah budaya sekaligus nilai-nilai kebudayaan islam di Kota Tangerang. Apalagi ini kerja sama Masjid Agung Al Ittihad dengan Masji Jami Kalipasir, masjid bersejarah yang juga ikon di Kota Tangerang," ujarnya.

Baca juga: Warga di perbatasan Natuna Kepri peringati Maulid Nabi dengan pawai

Pada kesempatan tersebut, ia beserta istri ikut berkeliling bersama rombongan arak-arakan Maulid sambil membagikan gunungan jajanan untuk warga yang antusias menyaksikan kegiatan tersebut di sepanjang rute yang dilewati rombongan.

Pada akhir acara, Nurdin bersama dengan para peserta yang hadir di Masjid Al Ittihad menikmati nasi kebuli bersama-sama.

“Semoga momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, selain dapat meningkatkan ibadah dan ketaatan kita terhadap ajaran-ajaran Nabi, juga dapat meningkatkan semangat kebersamaan serta kepedulian kepada sesama," katanya.

Baca juga: Jokowi ajak masyarakat jadikan kehidupan Rasulullah inspirasi kebaikan
Baca juga: Sejarah dan pengertian Maulid Nabi dalam Islam

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024