Banda Aceh (ANTARA) - Atlet selam Riau Vina Malini membuka perlombaan cabang olahraga selam laut pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara dengan meraih medali emas dalam perlombaan yang berlangsung di Pelabuhan CT 1 BKPS, Kota Sabang, Aceh, Senin.

Dalam perlombaan nomor M course putri itu, Vina finis dengan catatan waktu tercepat dan meraih nilai tertinggi 1.032 untuk mengunci medali emas PON XXI.

Penyelam Riau ini unggul dari wakil Jawa Barat Angela Patrisia Vanya di posisi kedua dengan total nilai 945 sehingga meraih perak dan penyelam Sulawesi Utara Alicia Heavenly Lindy Pangalila dengan total nilai 759 untuk membawa pulang perunggu.

“Saya merasa sangat bangga, senang. Saya masih tidak menyangka bisa mendapat emas,” kata Vina Malini.

Ia menyebut PON Aceh-Sumut merupakan yang ketiga baginya terlibat menjadi atlet PON. Dirinya pernah mengikuti PON Riau 2012, namun belum berhasil meraih medali. Kemudian ikut pada PON Jawa Barat 2016 dan memperoleh medali perak di nomor M course.

“Saya ikut di dua nomor yaitu 5 point course putri dan M course. PON Jawa Barat kemarin  dapat perak di M course,” ujarnya.

Menurut perempuan 31 tahun ini, dirinya menggeluti dunia selam sejak 2009. PON Aceh-Sumut menjadi ajang pembuktian bahwa dirinya mampu menampilkan yang terbaik, sekaligus menambah perolehan emas untuk Riau.

Kata dia, dirinya telah mengikuti pemusatan latihan atau training camp (TC) selama setahun di daerah, kemudian sebulan terakhir sebelum pertandingan di Sabang, dirinya sudah berada di daerah Pulau Weh itu untuk latihan dan penyesuaian diri.

Baca juga: Selam lombakan enam nomor laut pada PON XXI di Sabang

“Untuk persiapan TC sekitar setahun, kemudian latihan di sini (Sabang, red) satu bulan terakhir, lebih dulu datang ke Aceh,” ujarnya.

Sementara itu, Technical Delegate Selam Laut PON XXI Sanny Limbunan mengatakan ada dua nomor laut yang diperlombakan pada hari pertama selam laut, yakni nomor 5 point course putra dan M course putri.

“Hasil pertandingan untuk nomor 5 point course putra besok diumumkan,” kata Sanny.

Selam laut pada PON XXI Aceh-Sumut mempertandingkan enam nomor yaitu orientasi bawah air (OBA) nomor M course putra dan putri, dan 5 point course putra dan putri, serta nomor lomba finswimming 3.000 meter untuk putra dan putri.

Baca juga: Sekjen POSSI berharap pembinaan olahraga selam makin merata
Baca juga: Sabang siap pertandingkan tiga cabang olahraga dalam PON 2024

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024