Untuk operasi pasar secara langsung yang berjalan di tiga lokasi total 4.480 tabung
Batam, Kepri (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Kepulauan Riau (Kepri) menyediakan sebanyak 4.480 tabung gas dalam operasi pasar LPG 3 kg yang digelar di Kota Batam, Senin.

Sales Area Manager (SAM) Kepri Pertamina Patra Niaga Bagus Handoko di Batam, Senin, mengatakan pelaksanaan operasi pasar LPG 3 kg tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

"Atas inisiasi antar Pertamina, Disperindag dan Hiswana Migas, kami melakukan operasi pasar ini. Untuk operasi pasar secara langsung yang berjalan di tiga lokasi total 4.480 tabung," ujar Bagus.

Secara keseluruhan pihaknya juga menyalurkan fakultatif tambahan untuk ke seluruh pangkalan di Batam sebanyak 24.080 tabung.

Terkait dengan terjadinya kelangkaan di Batam, ia menjelaskan hal tersebut bersifat sektoral, sehingga Pertamina melakukan evaluasi dan identifikasi terhadap wilayah yang mengalami kendala dalam penyaluran gas bersubsidi.

Baca juga: Pertamina sebut pengisian BBM pertalite di Tanjungpinang sudah normal

Baca juga: Pertamina Kepri antisipasi kendala pendaftaran program Subsidi Tepat


"Kami identifikasi lebih lanjut ada beberapa hal yang kemungkinan menyebabkan terjadinya hal ini. Ketidakdisiplinan pangkalan dalam menyalurkan ke konsumen secara langsung, dan kami lagi investigasi terkait jalur distribusinya," kata dia.

Meski demikian, Bagus memastikan kepada masyarakat bahwa pasokan LPG 3 kg tidak terkendala dan aman, sehingga masyarakat diimbau untuk tidak "panic buying" terhadap gas bersubsidi tersebut.

"Silahkan melakukan pembelian LPG sesuai dengan reguler normal, tidak perlu panik, karena permasalahan di beberapa titik yang terindikasi masalah sudah kita atasi melalui fakultatif dan operasi pasar yang kita jalankan," ujar Bagus.

Ia menambahkan saat ini Pertamina sudah melakukan program subsidi tepat untuk LPG 3 kg menggunakan "merchat app", yang juga diharapkan bisa mengidentifikasi kepada siapa saja pangkalan menjualkan gas bersubsidi itu.

Baca juga: Pertamina akan terapkan QR Code pembelian pertalite di Aceh dan Kepri

Baca juga: Pertamina sosialisasi penggunaan QRCode untuk Pertalite di Kepri

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024