Kendari (ANTARA) - Tim SAR Gabungan mengevakuasi sebanyak 73 penumpang kapal KM Nur Rezeki yang mengalami mati mesin di sekitar perairan Tanjung Sambano, Pulau Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Basarnas Kendari Aminuddin PS saat dihubungi di Kendari, Senin, mengatakan bahwa pada pukul 12.34 WITA tim menerima informasi bahwa kapal tersebut ditarik oleh KM Nur Hikmah sekitar 4,53 mil laut arah timur dari lokasi terakhirnya.

"Saat itu juga Tim Pos SAR Wakatobi langsung bergegas untuk mendampingi kapal tersebut menuju ke Pelabuhan Fery Buranga, Kaledupa," kata Aminuddin.

Dia menyebutkan bahwa saat tiba di tempat evakuasi pada pukul 12.49 WITA, Tim Pos SAR Wakatobi langsung memeriksa kondisi kesehatan para korban.

Aminuddin mengungkapkan bahwa dengan ditemukannya kapal tersebut dengan kondisi seluruh penumpang dalam keadaan selamat, Operasi SAR terhadap kapal KM Nur Rezki yang mengalami mati mesin di sekitar Perairan Tanjung Sambano, Kaleduoa, dinyatakan selesai dan ditutup.

"Seluruh unsur yang terlibat dalam pencarian dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam operasi tersebut terdapat beberapa unsur yang terlibat, antara lain Staf Ops Basarnas Kendari, Pos SAR Wakatobi, KUPP Wakatobi, Pos Angkatan Laut Wakatobi, ABK KM Nur Hikman, Taman Nasional Wakatobi, dan masyarakat setempat.

Diberitakan sebelumnya, Pos SAR Wakatobi menurunkan tim untuk mencari kapal penumpang KM Nur Rezki yang mengalami mati mesin di sekitar Perairan Tanjung Sambano, Pulau Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Sultra.

Kepala Basarnas Kendari Aminuddin PS mengatakan operasi itu dilakukan berdasarkan laporan dari salah satu awak kapal pada pukul 10.40 WITA.

"Kami menerima informasi itu dan langsung menurunkan tim," kata Aminuddin.

Dia menyebutkan bahwa pihaknya langsung memberangkatkan Tim Penyelamat Pos SAR Wakatobi dengan menggunakan perahu karet dan dibantu oleh Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Wakatobi yang menggunakan kapal KNP 4008 untuk memberikan bantuan SAR kepada para korban.

"Jarak tempuh lokasi yang dilaporkan dengan Pos SAR Wakatobi sekitar 21 mil laut," ujarnya.

Baca juga: Basarnas Natuna evakuasi penumpang kapal kandas di Perairan Anambas

Baca juga: Tim SAR cari dua nelayan tenggelam di perairan Pulau Monyet

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024