Banda Aceh (ANTARA) - Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Aceh menargetkan kontingen tuan rumah dapat meraih tujuh medali emas di cabang tarung derajat Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang digelar di Bale Meuseuraya Aceh (BMA) pada 16-19 September 2024.

“Ini ada 21 nomor pertandingan dan Aceh akan mampu meraih enam hingga tujuh medali emas di cabang tarung derajat ini,” kata Ketua KONI Aceh Kamaruddin Abubakar saat pembukaan cabang tarung derajat PON Aceh-Sumut di Banda Aceh, Senin.

Ia mengatakan target ini dirasa realistis karena capaian tim Serambi Mekah ini di PON Papua XX 2021 mampu menyabet tiga medali emas dan sejumlah medali lainnya.

“Kali ini kami tuan rumah tentu dapat mendapatkan medali yang lebih di cabang tarung derajat ini,” kata dia.

Baca juga: Tarung derajat mulai babak penyisihan pada Senin

Sementara itu Ketua Umum Tarung Derajat Aceh Muhammad Alfatah menargetkan dapat mengumpulkan jumlah medali emas lebih tinggi dibandingkan yang mereka dapatkan dalam PON Papua XX 2021 dalam cabang tarung derajat Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut 2024 yang digelar di Bale Meuseuraya Aceh (BMA), Kota Banda Aceh.

“Kami di PON Papua mendapatkan tiga medali emas, satu medali perak dan lima perunggu,” kata Ketua Umum Tarung Derajat Aceh Muhammad Alfatah di Banda Aceh, Minggu.

Ia menjelaskan saat PON XX Papua 2021 di cabang tarung derajat Aceh meloloskan 10 atlet dan sembilan atlet berhasil meraih medali. Menurut dia saat pelaksanaan di Banda Aceh tentu asa untuk mampu meraih medali lebih banyak ada tapi dirinya tak ingin jumawa dan meremehkan tim lain yang sama berjuang untuk menjadi pemenang.

Selain itu, lanjutnya kontingen tarung derajat Aceh sudah melakukan pemusatan latihan dan melakukan persiapan yang cukup panjang dalam menghadapi PON 2024 ini. Menurut dia pemusatan latihan digelar di Kawah Drajat Bandung untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan atlet Aceh yang akan berlaga di PON Aceh Sumut 2024.

Ia mengatakan ada sejumlah atlet senior dan juga atlet baru yang bertanding membela Aceh saat ini. Ada juga atlet yang berlaga di PON XX Papua juga ikut bertanding di Aceh.

“Kami berharap tentu mendapatkan hasil yang bagus dan mendapatkan medali emas di cabang tarung derajat ini,” kata dia.

Baca juga: Pj Gubernur berharap tarung derajat dapat dipertandingkan di Olimpiade
Baca juga: Tarung derajat - Aceh targetkan medali lebih banyak dari PON Papua


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024