Hari ini sebanyak 10.728 penumpang menggunakan kereta api untuk bepergian ke tempat tujuan dan jumlah tersebut meningkat dibandingkan pada Minggu (15/9) yang tercatat sebanyak 9.627 penumpang
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Ribuan penumpang memadati beberapa stasiun yang berada di wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember sepanjang Pasuruan hingga Ketapang Banyuwangi saat libur Maulid Nabi Muhammad SAW pada Senin.

"Hari ini sebanyak 10.728 penumpang menggunakan kereta api untuk bepergian ke tempat tujuan dan jumlah tersebut meningkat dibandingkan pada Minggu (15/9) yang tercatat sebanyak 9.627 penumpang," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro dalam keterangan tertulis di Jember, Sabtu..

Menurut dia, jumlah penumpang kereta api sebanyak 10.728 orang pada Senin ini tercatat mengalami peningkatan sekitar 38 persen jika dibandingkan dengan Senin (9/9) sebelumnya yang hanya melayani 7.802 penumpang yang merupakan hari efektif.

"Peningkatan penumpang itu terjadi kemungkinan pada Senin (16/9) merupakan hari terakhir libur dan besok Selasa (17/9) semua aktifitas perkantoran, kampus dan sekolah sudah kembali masuk seperti semula," tuturnya.

Ia mengatakan, momentum hari libur terakhir itu dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kembali menuju tempat perantauan atau kembali pulang setelah sebelumnya berlibur karena Selasa (17/9) sudah mulai masuk kembali.

"Pada hari libur terakhir atau Senin ini semua kereta api keberangkatan Daop 9 Jember, baik yang berangkat dari Stasiun Jember maupun Stasiun Ketapang, tiketnya telah ludes dipesan oleh masyarakat, sehingga terlihat kepadatan penumpang di stasiun," katanya.

Selama periode libur panjang Maulid Nabi SAW sejak 13-16 September 2024 tercatat total penumpang yang sudah diberangkatkan di wilayah Daop 9 Jember sebanyak 40.421 penumpang.

Jumlah tersebut meningkat 15 persen dari periode yang sama pekan sebelumnya pada tanggal 6-9 September 2024 yang melayani 35.253 penumpang.

Cahyo mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang telah setia menggunakan kereta api sebagai transportasi pilihan utama karena selain mengutamakan keselamatan dalam setiap perjalanannya, KAI berkomitmen menghadirkan kenyamanan untuk para penumpang.

"Kenyamanan itu mulai saat berada di stasiun, selama dalam perjalanan di dalam kereta, juga ketika para penumpang tiba di tujuan, sehingga masyarakat memiliki pengalaman yang berkesan dalam setiap perjalanannya dengan menggunakan kereta api," ujarnya.

KAI Daop 9 Jember menyediakan sebanyak 31.456 tempat duduk selama libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad SAW selama empat hari mulai 13-16 September 2024, dengan kapasitas yang tersedia setiap harinya sebanyak 7.864 tempat duduk.

Sebanyak 22 perjalanan kereta api setiap hari yang meliputi rangkaian KA Mutiara Timur, KA Ranggajati, KA Wijayakusuma, KA Blambangan Ekspres, KA Logawa, KA Pandalungan, KA Sritanjung, KA Tawangalun, KA Probowangi dan KA Pandanwangi.

Baca juga: KAI Jember sediakan 31.456 tempat duduk selama libur Maulid Nabi
Baca juga: KAI Daop Jember operasikan KA Mutiara Timur tiap hari mulai September
Baca juga: KAI Daop 9 sediakan layanan "face recognition" di Stasiun Jember

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024