Banda Aceh (ANTARA) - Cabang olahraga panjat tebing pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara menggelar babak final memperebutkan medali emas di dua nomor pada Senin.

Presiden Juri Cabang Olahraga Panjat Tebing PON XXI Aceh-Sumut Anugrah Agung Karokaro, di Banda Aceh, Senin, menyebutkan dua nomor pertandingan yang final adalah lead perorangan putri dan boulder perorangan putra.

Final nomor lead perorangan putri dijadwalkan berlangsung pukul 14.30-15.30 WIB, dilanjutkan final nomor boulder perorangan putra pukul 17.00-19.00 WIB, dan langsung upacara penghormatan pemenang (UPP).

Sebelum memasuki final, masih ada babak semifinal untuk nomor boulder perorangan putra yang dijadwalkan pukul 12.00-14.30 WIB.

Pertandingan babak final akan berlangsung di Arena Panjat Tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh.

Cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh-Sumut mempertandingkan 16 nomor, dan sembilan di antaranya sudah final.

Yakni, combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, speed relay putra dan putri, combined (B&L) mix, dan speed world record (WR) perorangan putra dan putri, boulder perorangan putri, serta lead perorangan putra.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing diikuti sebanyak 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri atas 103 atlet putra dan 85 atlet putri.

PON 2024 menandai kali pertama pentas olahraga multi-event nasional tersebut dilangsungkan di dua provinsi secara bersamaan, yakni Aceh dan Sumut.

Sebanyak 65 cabang olahraga, 87 disiplin, dan 1.042 nomor pertandingan digelar di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumut dalam ajang kompetisi yang sekaligus menjadi panggung unjuk hasil pembinaan prestasi olahraga daerah.

Empat daerah otonomi baru (DOB), yakni Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan melakoni debut mereka di PON, yang juga turut diikuti kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sedikitnya 13.000 atlet bersaing menjadi yang terbaik hingga upacara penutupan dalam pesta olahraga nasional yang dijadwalkan berlangsung hingga 20 September 2024.


Baca juga: Panjat tebing - Alma bersaing ketat di final lead perorangan putri
Baca juga: Jatim masih kokoh di puncak klasemen sementara panjat tebing
Baca juga: Panjat tebing - Atlet tuan rumah tembus final lead perorangan putra

 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024