Aceh Timur (ANTARA) - Nomor regu atau tiga pemain di lapangan cabang olahraga sepak takraw Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 mulai dipertandingkan di Gedung Idi Sport Center, Kabupaten Aceh Timur.

Koordinator Humas Cabang Olahraga Sepak Takraw PON XXI Aceh-Sumut Ilyas di Aceh Timur, Senin, mengatakan nomor regu putra dan putri merupakan nomor terakhir dipertandingkan. Nomor regu diikuti 14 provinsi.

"Nomor regu cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut mulai dipertandingkan hari ini. Nomor ini diikuti 14 provinsi, memperebutkan delapan medali, putra dan putri," katanya.

Adapun provinsi yang ikut nomor regu yakni tuan rumah Aceh dan Sumatera Utara. Kemudian, Jawa Barat, Yogyakarta, Jambi, Sulawesi Tengah, Banten, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, Riau, Kepulauan Riau, Gorontalo, Lampung, dan Kalimantan Utara.

Baca juga: Sepak takraw Sulsel raih medali emas nomor tim ganda putra
Baca juga: Sepak takraw - Tim putri Jatim dan Jakarta berpeluang ke semifinal


Ke-14 provinsi tersebut terbagi dalam tiga grup, baik putra maupun putri. Untuk Grup A putra terdiri Jawa Tengah, Aceh, Riau, dan Sumatera Utara.

Sedangkan Grup B terdiri dari Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah, Banten. Serta Grup C meliputi Gorontalo, Lampung, dan Kalimantan Utara.

Untuk kelompok putri, terdiri dari Grup A meliputi Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jambi. Grup B diisi Sulawesi Tengah, Banten, dan Aceh. Serta Grup C terdiri dari Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Sulawesi Tenggara.

"Nomor regu memainkan 31 pertandingan. Sebanyak 21 pertandingan dimainkan di babak penyisihan. Sedangkan di babak gugur ada 10 pertandingan, di antaranya empat perempat final, empat semifinal dan dua partai final," katanya.

Ilyas menyebutkan cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut mempertandingkan lima nomor, putra dan putri. Sedangkan empat nomor sudah selesai dipertandingkan, yakni ganda, tim regu, kuadran, dan tim ganda.

"Semua pertandingan cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut berjalan lancar tanpa kendala. Kami juga mengapresiasi kepala sekolah dan dewan guru di Aceh Timur yang membawa anak didiknya menonton dan mendukung atlet nasional bertanding di PON XXI Aceh-Sumut ini," kata Ilyas.

Cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut memperebutkan 10 medali, lima dari kelompok putra dan lima dari putri. Cabang olahraga tersebut dipertandingkan di Gedung Idi Sport Center, Kabupaten Idi, mulai 7 hingga 19 September 2024.

Cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut mengikutsertakan sebanyak 192 atlet dari 26 provinsi. Jumlah atlet tersebut belum termasuk dari tuan rumah Aceh dan Sumut.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024