Jakarta (ANTARA) -
Film horor Indonesia berhasil menjadi salah satu genre film terlaris tahun 2024 yang memikat banyak penonton.
 
Tidak hanya itu, sejumlah judul film horor Indonesia juga berhasil meraih popularitas yang luar biasa dan mencetak rekor dalam jumlah penonton.
 
Genre horor tak pernah kehilangan peminat, sebab banyaknya karya yang menyajikan kengerian dan hal misterius sekaligus alur cerita yang memancing emosi penonton.
 
Lalu, film horor apa saja yang memikat penonton dalam layar bioskop? Berikut daftar nama film horor terlaris di Indonesia 2024.
 
1. Vina: Sebelum 7 Hari
 
Film berdasarkan kisah nyata dari kasus pemerkosaan dan pembunuhan yang terjadi di Cirebon tahun 2016, telah diadaptasi menjadi dalam film Vina: Sebelum 7 Hari.

Film yang menceritakan kisah jenazah Vina yang ditemukan secara tak wajar di flyover Cirebon dan dianggap sebagai kecelakaan motor tunggal. Setelah itu, hal-hal mistis dan misterius terjadi oleh orang sekitar Vina dan berusaha mengungkap kebenaran.
 
Awal kasusnya yang sempat ramai dibicarakan di berbagai media sosial dan ditangani oleh pihak berwenang, namun masih tak kunjung dapat keadilan. Kasus ini mencuat dan gempar kembali setelah film ini dirilis, sehingga berhasil memikat sebanyak 5.815.492 penonton.
 
2. Badarawuhi di Desa Penari

Film yang merupakan kisah awal dari sekuel film KKN di Desa Penari yang juga tak kalah menarik perhatian para penonton hingga berhasil disaksikan sebanyak 4.015.120 penonton selama penayangan bioskop.
 
Adaptasi dari kisah nyata yang juga sempat heboh dibicarakan di media sosial, berasal dari thread Twitter yang diunggah oleh Simpleman. Kisah ini berasal dari pengalaman nyata dari mahasiswa yang sedang menjalani KKN di sebuah desa terpojok yang bernama Desa Penari. Film berlanjut menceritakan misteri awal mula tentang Badarawuhi, penari misterius dan mistis di desa tersebut.
 
3. Siksa Kubur

Film horor yang disutradarai oleh sosok terkenal, Joko Anwar, dalam salah satu karyanya yakni Siksa Kubur. Alur cerita yang menegangkan dan peran pemain yang mendukung adegan tiap film, ramai ditonton oleh banyak orang sebanyak 4.000.826 penonton.
 
Diperankan salah satu aktris perfilman ternama, Faradina Mufti dan Reza Rahadian, mengisahkan tentang seorang wanita bernama Sita menjadi tidak percaya agama setelah kedua orangtuanya meninggal. Sita ingin membuktikan bahwa siksa kubur itu tidak nyata dengan mencari orang berdosa dan meninggal, ia ikut ke dalam kuburan orang tersebut.
 
4. Sekawan Limo

Film horor komedi yang menceritakan tentang persahabatan lima orang teman yang mendaki gunung dan mengalami berbagai kejadian mistis.

Berawal dari peringatan penjaga gunung untuk jumlah rombongan harus genap dan tidak boleh menengok ke belakang, mereka pun melanggar peringatan itu, akhirnya tersesat di gunung. Digarap oleh sutradara Bayu Skak, film ini berhasil meramaikan studio bioskop dengan sebanyak 2.508.438 penonton.
 
5. Pemandi Jenazah

Dengan latar belakang tradisi memandikan jenazah, film ini dibuat alur cerita yang tak kalah mencekam dan dibumbui oleh adegan-adegan yang mistis. Film mengisahkan seorang pemandi jenazah bernama Lela yang diperankan oleh Aghniny Haque, yang memandikan jenazah ibunya dan menemukan hal janggal, lalu mengalami hal aneh setelah ibunya meninggal.
 
Anya pun penasaran dan ingin mencari tahu sebab dari kejanggalan jenazah yang sering ia mandikan. Film Pemandi Jenazah telah disaksikan sebanyak 1.645.513 penonton pada awal tayangnya sejak 22 Februari.
 
6. Kereta Berdarah

Dalam film "Kereta Berdarah" yang dimainkan beberapa aktris seperti Hana Malasan, Zara Leola, Fadly Faisal, Kiki Narendra, dan lainnya telah membawakan alur cerita film ini dengan mencekam dan berhasil membuat penonton merinding. Film Kereta Berdarah ditonton sebanyak 1.000.027 penonton.
 
Dengan kisah perjalanan seorang adik kakak yang ingin berlibur ke resort alam baru. Mereka pun menaiki kereta wisata khusus, namun perjalanannya tidak begitu menyenangkan karena terjadi aksi teror dan hal misteri di dalam terowongan kereta yang mereka lewati.
 
7. Jurnal Risa by Risa Saraswati

Adaptasi dari pengalaman nyata seorang pembuat konten supernatural, Risa Saraswati, membagi kisahnya melalui film layar lebar ini. Selama pembuatan kontennya, ia sering mengalami hal-hal mistis, salah satu pengalaman terseramnya adalah aksi teror Samex, sosok hantu yang ditakuti oleh Risa dan para timnya.

Film Jurnal Risa By Risa Saraswati yang dibuat seperti kamera dokumenter ini telah berhasil memikat sebanyak 862.359 penonton.
 
8. Trinil: Kembalikan Tubuhku

Film horor Indonesia yang telah tayang 4 Januari ini mengangkat kisah mistis yang cukup unik dan menyeramkan, sehingga berhasil menarik perhatian banyak orang sebanyak 833.124 penonton.
 
Menceritakan tentang sepasang suami istri yang baru pulang dari bulan madu dan menjalani kehidupan baru, Rara dan Sutan. Rara memiliki perkebunan teh yang luas di Jawa Tengah diwarisi ayahnya yang merupakan sosok lelaki Belanda.

Hingga suatu saat Rara merasakan ketindihan saat tidur dan mengalami hal aneh lainnya. Semakin lama, hal aneh itu menjadi teror menyeramkan yang terjadi pada pasangan suami istri tersebut.
 
 
Baca juga: Rekomendasi daftar film bioskop Indonesia terbaru 2024

Baca juga: Rekomendasi 10 film bioskop terlaris pekan ini 

Baca juga: Daftar film bioskop yang akan rilis di akhir tahun 2024

Baca juga: Daftar film box office pekan 14-20 September
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024