Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan di TikTok menarasikan video segerombolan orang yang sedang melakukan penggerebekan narkoba di depan sebuah rumah. 

Dalam video tersebut dinarasikan di dalam rumah yang digerebek tersebut, terdapat Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka. 

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Gibran di gerbak polisi. Ketika nyabu dgn bandar narkoba mukak Gibran. Di tutup wartawan gk bisa ambil video nya. Semoga negara tidak di pimpin Mahluk ini bisa bubar Indonesia.”

Namun, benarkah video tersebut merupakan Gibran ditangkap polisi karena narkoba?

 

Unggahan yang menarasikan video Gibran ditangkap polisi karena narkoba beredar dimedia sosial. Faktanya, video tersebut merupakan video 2018 yang diunggah ulang. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video tersebut serupa dengan unggahan di YouTube yang berjudul “Virall ..detik detik penangkapan pelaku narkoba sebayak 62 orang di PIK pantai indah kpuk” yang diunggah 19 Maret 2018. Sementara, video TikTok yang menarasikan Gibran tertangkap narkoba beredar akhir Agustus 2024. Dalam keterangan video asli disumbernya tersebut, tidak ada narasi penggrebekan Gibran di PIK.

Klaim: Video Gibran ditangkap polisi karena narkoba beredar di media sosial

Rating: Hoaks

Cek fakta: Gibran Rakabuming gagal dilantik karena akun Fufufafa, benarkah?

Cek fakta: Cek fakta, sampul majalah Tempo dengan ilustrasi Gibran bahas jejak akun Fufufafa

Baca juga: Gibran pastikan perjanjian dengan Shopee bersifat profesional

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024