Natuna (ANTARA) -
Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau Basarnas Natuna, Kepulauan Riau mengevakuasi penumpang kapal motor (KM) Inkamina Maritim 166 yang kandas di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas.  
 
Kepala Sub Seksi Operasi KPP Natuna Budiman saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Senin, mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (15/9) pukul 19.40 WIB.   
 
Penumpang kata dia, merupakan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2 Siantan yang hendak kembali ke Tarempa (Ibu Kota Kabupaten) usai bertanding sepak bola di Desa Air Langat.
 
"Jumlah penumpang diperkirakan 105 orang," ucap dia.
 
Ia menjelaskan evakuasi dilakukan pada pukul 20.25 WIB usai persiapan bersama para pemangku kepentingan.
 
"Pukul 20.05 WIB Tim SAR gabungan melakukan persiapan, kemudian pukul 20.10 menuju ke lokasi kejadian," ujar dia.
 
Dalam proses evakuasi Basarnas Natuna mengerahkan unsur mereka yang berada di Anambas yakni Pos SAR Anambas dan dibantu para pemangku kepentingan lainnya yakni Lanal Tarempa, Polres Anambas, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dan HNSI Anambas.
 
"Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dan tidak ada korban jiwa," ucap dia.
 
Ia menerangkan para korban dievakuasi di dua titik yakni 36 orang di Pelabuhan Antang, dan 69 orang di Pelabuhan Pemda Tarempa.
 
"36 orang dievakuasi menggunakan RIB 02 Pos SAR Anambas, RIB BPBD dan RIB Puskesmas Keliling (Puskel) Anambas, dan 69 orang dievakuasi menggunakan KM Nelayan Abadi," ujar dia.

Ia menambahkan saat evakuasi cuaca berawan dengan kecepatan angin 2-20 knot dan tinggi gelombang 0,5-1,25 meter.

"Pada 22.20 WIB tim SAR gabungan melakukan evaluasi dan sepakat menutup operasi mengingat seluruh korban berhasil di evakuasi," ucap dia.

Baca juga: Basarnas Natuna cari nelayan hilang di perairan Anambas
Baca juga: Basarnas gelar pelatihan teknis potensi SAR di perbatasan Natuna-Kepri
Baca juga: Kapal penumpang tenggelam di Anambas, tiga orang meninggal

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024