Jakarta (ANTARA) - Konser reuni grup band Jane's Addiction diwarnai perkelahian antara vokalis Perry Farrell dan gitaris Dave Navarro di atas panggung pertunjukan di Boston, Amerika Serikat pada Jumat (13/9) malam, sehingga konser berakhir lebih awal dari waktu seharusnya.
 
Dikutip dari Rolling Stone, Sabtu (14/9), sebuah video beredar memperlihatkan Jane's Addiction yang sedang tampil di atas panggung. Selama membawakan lagu "Ocean Size", Farrell menjadi gelisah karena alasan yang tidak jelas, berjalan ke arah Navarro, dan menghantamkan bahunya ke punggung gitaris tersebut.
 
Farrell yang agresif dan masih marah kemudian terus berteriak pada Navarro yang kebingungan, dan penyanyi itu akhirnya mendaratkan pukulan hook kanan ke bahu rekan satu bandnya tersebut.

Baca juga: Nicole Kidman jelaskan insiden Rami Malek di panggung Golden Globes
 
"Apa-apaan ini?" tanya Navarro saat seorang anggota kru menahan Farrell. Farrell terlihat mencoba menghindari anggota kru dan menyerang Navarro lagi, sehingga dua anggota kru lainnya dan bassist Jane's Addiction, Eric Avery, berlari untuk menahan Farrell dan membawanya ke belakang panggung.
 
Navarro akhirnya meninggalkan panggung juga, dan konser berakhir setelah 11 lagu dimainkan. Padahal, masih ada tiga atau empat lagu dari pertunjukan mereka yang harus dibawakan, dan insiden tersebut membuat rangkaian konser reuni Jane's Addiction terancam dibatalkan.
 
Perkelahian para personel band di atas panggung di Boston telah memanas sejak tur pertama formasi "Core Four" dalam 14 tahun diluncurkan pada bulan Agustus 2024, menurut Variety seperti dikutip Rolling Stone.
 
Pada pemberhentian sebelumnya, olok-olok Farrell yang bertele-tele dengan penonton telah membuat Navarro terlihat frustrasi di atas panggung. Variety juga mencatat bahwa beberapa ulasan konser menyebut bahwa Farrell menghabiskan sebotol anggur merah di atas panggung selama pertunjukan.

Baca juga: Polisi selidiki insiden saat Ariana Grande tampil di panggung
 
Namun, tidak ada insiden awal (termasuk dua pertunjukan di New York City pada awal minggu ini) yang meramalkan apa yang terjadi di Boston. JamBase melaporkan bahwa masalah tersebut dimulai selama "Mountain Song," dengan Farrell berteriak pada Navarro, dan pertengkaran berlanjut hingga lagu berikutnya "Three Days", kemudian semakin memanas dengan pukulan Farrell di penampilan "Ocean Size".
 
Jane's Addiction belum mengomentari konfrontasi tersebut, dan Instagram Avery (sebelumnya sering mengunggah foto saat Jane's Addiction sedang tur) juga belum menyebutkan insiden tersebut.
 
Namun, istri Farrell, Etty, menulis penjelasan panjang di media sosial yang mengungkap situasi tersebut.
 
"Jelas ada banyak ketegangan dan permusuhan di antara para anggota, keajaiban yang membuat band ini begitu dinamis. Nah, dinamitnya menyala," tulis Etty Lau Farrell.

Baca juga: Penjelasan insiden di panggung Oscar saat umumkan film terbaik
 
"Kekecewaan Perry semakin memuncak, malam demi malam, ia merasa volume panggung terlalu keras dan suaranya tenggelam oleh suara band. Perry menderita tinitus dan sakit tenggorokan setiap malam. Namun, ketika penonton di barisan depan mulai mengeluh kepada Perry sambil mengumpat bahwa band itu terlalu keras dan mereka tidak dapat mendengarnya, Perry kehilangan kendali," sambungnya.
 
Etty menambahkan bahwa konfrontasi juga terjadi di belakang panggung antara Farrell dan Avery. Dia menyebut bahwa Farrell dan Avery mencekik Perry serta memukul perutnya sebanyak tiga kali.
 
“Perry menjadi sangat marah selama setengah jam berikutnya, dia akhirnya tidak tenang, tetapi malah menangis dan menangis,” Etty menambahkan tentang kejadian di belakang panggung.
 
“Eric, dia tidak mengerti apa arti descalation atau memanfaatkan situasi dan melancarkan beberapa serangan murahan pada Perry," tulisnya.

Baca juga: Oasis ingatkan konsekuensi pelanggaran syarat penjualan tiket konser
 
Liam Gallagher, seorang "pakar" pertengkaran dalam band, mencuit lewat akun X-nya sebagai tanggapan terhadap video perkelahian Jane's Addiction, "Sikap mereka menyebalkan".
 
Ketika seorang penggemar menyindir bahwa insiden serupa akan terjadi antara Liam dan Noel selama tur reuni Oasis, Liam menanggapi , "Menurutku tidak. Kami sangat profesional akhir-akhir ini. Kami akan membuat kalian tercengang".
 
Untuk saat ini, tur reuni Jane's Addiction dijadwalkan akan berlanjut pada Minggu malam di Bridgeport, Connecticut, Amerika Serikat. Perjalanan itu dijadwalkan berakhir pada 16 Oktober di kota asal band tersebut, Los Angeles.
 
Tur itu menandai pertama kalinya dalam 14 tahun bahwa jajaran "Core Four" band tersebut, yaitu Farrell, Navarro, Avery, dan drummer Stephen Perkins, telah melakukan tur bersama. Tur reuni itu dilakukan setelah Navarro untuk sementara meninggalkan band di tengah pertempuran panjang dengan COVID-19 selama beberapa waktu.

Baca juga: Liam Gallagher ungkap babak kehancuran hidup kala Oasis bubar

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024