Jakarta (ANTARA) -
Pangeran Harry Duke of Sussex menandai hari jadinya ke 40 tahun pada Minggu (15/9), dan secara mengejutkan juga pada hari ulang tahun Pangeran Harry, akun media sosial X keluarga kerajaan membagikan ucapan ulang tahun disertai foto Harry sedang tersenyum lebar.

“Mengucapkan selamat ulang tahun ke-40 kepada Duke of Sussex hari ini!,” tulis postingan dari akun resmi Raja Charles ini, yang disiarkan laman People, Minggu (15/9).

Akun media sosial Pangeran William dan Kate Middleton juga membagikan unggahan Keluarga Kerajaan di Instagram Stories mereka dan di X dengan menambahkan pesan perayaan mereka sendiri.

Baca juga: Pangeran Harry hadiri turnamen tenis amal jelang usia 40 tahun
 
Unggahan ucapan selamat ini mengejutkan, karena ucapan selamat ulang tahun di depan umum biasanya ditujukan untuk bangsawan yang bekerja, meskipun terkadang ditujukan untuk ulang tahun yang bersejarah.
 
Mengingat keretakan hubungan antara Harry dan saudaranya, serta hubungannya yang tegang dengan ayah mereka, banyak yang melihat pesan ulang tahun pertama ini dalam beberapa tahun sebagai tanda perdamaian dari Raja Charles dan Pangeran William.

Di hari jadinya ini, Harry memilih mengadakan pesta intim di Montecito, California, tempat ia tinggal bersama istrinya, Meghan Markle, dan anak-anak mereka, Pangeran Archie (5) dan Putri Lilibet (3).

Baca juga: Meghan Markle dan Pangeran Harry tiba di Nigeria untuk tur resmi

Selain istri dan anak, perayaan di Montecito juga dihadiri keluarga dan teman dengan perayaan pribadi.
 
Kepada People juru bicara Harry menyebut menginjak usia 40 tahun ia fokus menjalani perannya sebagai ayah.
 
“Hadiah terbaik yang pernah saya terima adalah, tanpa diragukan lagi, anak-anak saya. Saya senang melihat mereka tumbuh setiap hari dan senang menjadi ayah mereka,” katanya.

Baca juga: Pangeran Harry syuting serial Netflix baru di Florida
 
Dalam pernyataan yang dirilis oleh juru bicaranya kepada media tersebut, Harry menyebut Archie dan Lili baik dan lucu, dan mengatakan menjadi seorang ayah telah memberinya perspektif baru dalam hidup, serta mempertajam fokus dalam semua pekerjaannya.
 
“Menjadi seorang ayah adalah salah satu kebahagiaan terbesar dalam hidup dan telah membuat saya semakin terdorong dan berkomitmen untuk menjadikan dunia ini menjadi tempat yang lebih baik,” tambahnya.

Baca juga: Pangeran Harry ke London setelah Raja Charles III didiagnosis kanker
 
Segera setelah hari besarnya, Duke of Sussex akan berangkat ke New York City untuk bekerja atas nama beberapa proyek yang dekat di hatinya, termasuk organisasi di balik penghargaan warisan ibunya, Putri Diana .
 
Meskipun ada spekulasi baru-baru ini , Harry tidak akan kembali bertugas di kerajaan saat ia memasuki dekade baru dalam hidupnya. Harry dan Meghan mengundurkan diri sebagai anggota keluarga kerajaan pada tahun 2020, dan di tengah ketegangan yang sedang berlangsung antara Harry, ayahnya Raja Charles, dan saudaranya Pangeran William, Harry senang dengan kehidupannya di Montecito.

Baca juga: Meghan Markle datang ke konser Taylor Swift di Los Angeles

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024