Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemberitaan di Kanal Politik pada Minggu (15/9) masih menarik disimak kembali, mulai PBNU pastikan tidak ada pengurus terlibat wacana Muktamar Luar Biasa (MLB) NU hingga Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri mengenalkan Pancasila saat lawatan ke Rusia.

Berikut sejumlah berita yang masih menarik untuk menemani aktivitas Anda pada akhir libur panjang.

PBNU tegaskan tak ada pengurus cabang dan wilayah ikut MLB

Jakarta (ANTARA) - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Abdullah Latopada menegaskan tidak ada pengurus tingkat cabang dan wilayah yang terlibat dalam wacana penyelenggaraan Muktamar Luar Biasa (MLB) NU yang diperkirakan berlangsung beberapa bulan ke depan.

Latopada menyebut MLB NU itu merupakan isu yang digulirkan segelintir orang yang tak mempunyai legitimasi dalam kepengurusan PBNU.

“Saya pastikan tidak ada (pengurus) cabang ataupun wilayah yang ikut. Itu hanya wacana yang didengungkan segelintir orang pengangguran,” kata Latopada kepada wartawan sebagaimana dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini


Gus Salam tanggapi santai isu pembubaran MLB NU

Jakarta (ANTARA) - Pengasuh Mambaul Maarif Denanyar Jombang, K.H. Abdussalam Shohib atau Gus Salam menanggapi dengan santai isu pembubaran Muktamar Luar Biasa (MLB) Nahdlatul Ulama (NU).

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh kiai tidak bisa dibubarkan karena kebebasan berserikat dan berpendapat dilindungi konstitusi dan diatur dalam undang-undang.

Selengkapnya di sini


KPU RI: Perlu antisipasi potensi kecurangan Pilkada kotak kosong

Maros (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin menekankan perlu ada langkah antisipasi atas potensi dugaan kecurangan pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 yang hanya diikuti satu pasangan calon atau pasangan tunggal melawan kolom/kotak kosong.

"Semua harus kita antisipasi. Namanya pertandingan, persaingan, perebutan kursi kada (kepala daerah), potensi pasti ada, makanya, kita kerja sama dengan semua pihak," ujarnya kepada wartawan disela meninjau simulasi pencoblosan Pilkada pasangan calon tunggal di Gedung Serbaguna Pemerintah Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Minggu.

Berita utuhnya klik di sini


Megawati kenalkan Pancasila dalam lawatannya ke Rusia dan Azerbaijan

Jakarta (ANTARA) - Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri memperkenalkan Pancasila kepada masyarakat dunia dalam rangkaian lawatannya ke St. Petersburg, Rusia dan Samarkand, Azerbaijan bulan ini.

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, yang merupakan orang dekat Megawati, menjelaskan di dua negara itu Megawati bakal memberikan kuliah umum dan menghadiri forum rektor di St. Petersburg, kemudian menerima gelar doktor kehormatan dari Silk Road University di Samarkand.

Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024