Rasa takjub, gembira dan syukur diutarakan oleh para kafilah. Seolah menjadi penyejuk hati dan pikiran usai berkompetisi selama kurang lebih sepekan
Samarinda (ANTARA) - Rangkaian kegiatan para peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional diakhiri dengan suguhan pengalaman menyusuri salah satu sungai terpanjang di Indonesia, yakni Sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuhi di Samarinda, Minggu, mengatakan panitia telah menyiapkan tiga paket wisata menarik untuk para kafilah MTQN.

Paket wisata ini disiapkan khusus untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para peserta, sekaligus memperkenalkan keindahan dan kekayaan budaya Kalimantan Timur.

Sri Wahyuni mengatakan tiga paket wisata tersebut adalah wisata susur Sungai Mahakam, wisata sejarah di Museum Mulawarman dan wisata budaya di Desa Pampang, Samarinda.

Paket Wisata Susur Sungai Mahakam menjadi salah satu pilihan favorit. Dengan menyusuri sungai terpanjang di Kalimantan ini, para kafilah akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang menakjubkan, seperti hutan bakau, perkampungan nelayan, dan kehidupan masyarakat Banjar yang khas.

Kegiatan wisata susur Mahakam diikuti 800 orang peserta dari seluruh provinsi di tanah air, rombongan peserta telah memadati Dermaga Sungai Mahakam di kota Samarinda sejak pagi.

Baca juga: Kafilah Kaltim raih Juara Umum MTQN Ke-30 Tahun 2024

Dengan tertib mereka menunggu kedatangan kapal-kapal wisata yang telah disiapkan untuk menjelajahi sungai yang juga memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat di Kaltim sebagai sumber air, potensi perikanan maupun sarana transportasi.

Rasa takjub, gembira dan syukur diutarakan oleh para kafilah. Seolah menjadi penyejuk hati dan pikiran usai berkompetisi selama kurang lebih sepekan.

Tak lupa, momen-momen langka nan bersahaja juga diabadikan mereka baik melalui kamera maupun ponsel pintarnya untuk berswafoto dan bergembira bersama.

"Alhamdulillah selama saya di sini mulai dari hari pertama hingga saat ini, pengalaman dan kenangan yang luar biasa banyak kami peroleh di Kalimantan Timur,” ujar Refil salah satu peserta asal Jawa Timur.

Tiap tempat memberikan cerita, Refil yang mengikuti cabang lomba Kaligrafi kontemporer dalam ajang MTQ Nasional Ke-30 ini mengaku telah mengikuti 2 perlombaan MTQ Nasional sebelumnya yakni di Provinsi Kalimantan Selatan dan Sumatera Barat. Perhelatan di Kalimantan Timur tahun ini, menjadikan kali ketiga Refil turut serta dalam event akbar ini.

“Pengalaman di sini menjadi ilmu dan kisah penuh kesan tak terlupakan, yang nantinya akan saya bawa pulang dan ceritakan di daerah asal saya,” imbuh pria kelahiran Lumajang tersebut.

Momen menyusuri Sungai Mahakam ini meninggalkan kesan mendalam di hati peserta.

Pengalaman ini diharapkan tidak hanya menjadi kenangan indah, tetapi juga momen yang mempererat tali silaturahmi antarsesama, dalam sejuknya pemandangan dari sungai yang menjadi urat nadi kehidupan warga Bumi Etam.

Baca juga: BAZNAS inisiasi zakat untuk Al Quran bagi disabilitas di MTQN ke-30
Baca juga: Kemenag bagikan ribuan mushaf Al Quran dan buku Islam gratis pada MTQN



 

Pewarta: Arumanto
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024