Alhamdulillah sudah tidak ada penyebaran api, hanya di lantai basemen saja yang tadi terbakar karena ada barang-barang yang mudah terbakar
Kota Bandung (ANTARA) - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menyatakan kebakaran yang terjadi di lantai basemen Rumah Sakit Murni Teguh di Jalan Naripan, Kota Bandung, telah berhasil dipadamkan.

“Alhamdulillah sudah tidak ada penyebaran api, hanya di lantai basemen saja yang tadi terbakar karena ada barang-barang yang mudah terbakar seperti material-material bekas bangunan,” kata Analis Kebakaran Bidang Pencegahan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Cecep Rusyana di Bandung, Minggu.

Cecep memastikan sejumlah titik api berhasil dikendalikan sehingga kebakaran tidak meluas, meski kondisi asap yang begitu tebal dan sulitnya medan untuk menjangkau titik api sempat menyulitkan petugas dalam memadamkan kebakaran itu.

“Kami kesulitan karena pada saat kami hadir di sini asap sudah sangat tebal sekali dan penyebarannya sudah meluas. Jarak pandang hanya satu meter,” kata dia.

Baca juga: Gudang pabrik & eks hotel di Bandung kebakaran pada Minggu dini hari

Dia mengatakan petugas menerima laporan kebakaran sekitar pukul 15:58 WIB. Petugas langsung bergerak dan tiba di lokasi kebakaran sekitar tiga menit kemudian.

“Pihak keamanan sudah melakukan satu tindakan pertama yaitu menggunakan alat pemadaman yang ada. Namun karena asap yang sudah tebal sehingga mereka tidak bisa menangani kondisi kebakaran tersebut, akhirnya memanggil kami dan merespon cepat tiga menit setelah laporan masuk,” katanya.

Ia memastikan saat ini seluruh pasien serta petugas sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis secara maksimal.

“Kami putuskan bahwa ini harus dievakuasi dan ada dua orang pasien yang sudah dievakuasi oleh pihak rumah sakit dan ke Rumah Sakit Bungsu Bandung,” katanya.

Cecep menyebut untuk total mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan mencapai sembilan unit dan berhasil dipadamkan selama empat jam.

Hingga kini pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran. Namun, beruntung tidak terdapat korban jiwa atas kejadian tersebut.

Baca juga: BPBD pastikan kebakaran hutan di Gunung Tangkuban Perahu padam
Baca juga: Gudang sepatu di Cibaduyut terbakar, 16 armada damkar dikerahkan


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024