Deli Serdang (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Letjen TNI Richard Tampubolon mengatakan bahwa ada peningkatan jumlah provinsi penerima medali emas pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara,  bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Kalau kita melihat bahwa persebaran medali emas dari tahun lalu (PON XX Papua 2021) tujuh provinsi yang dapat dan tahun ini ada 10 provinsi yang meraih medali (emas)," kata Richard di Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu.

Menurut Richard, hasil pertandingan taekwondo yang berlangsung Martial Arts Arena, Kompleks Sumut Sport Center, Deli Serdang, pada 12-15 September 2024 itu menandakan bahwa pembinaan taekwondo di daerah sudah menunjukkan tren yang cukup baik sehingga terjadi peningkatan prestasi di cabang olahraga tersebut.

Richard juga bersyukur atas pertandingan yang berjalan dengan baik pada perebutan medali emas di 22 nomor, dengan dua kategori yakni kyorugi dan poomsae.

Ia juga menuturkan, pencapaian tersebut tidak berarti bahwa proses pembinaan harus berhenti. Sebaliknya, ia menekankan pentingnya melanjutkan program pembinaan secara berkesinambungan untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan prestasi.

Lebih lanjut, Richard menyatakan bahwa semua atlet yang sudah terpilih masuk dalam tim Pelatnas akan segera dipanggil untuk menjalani latihan dengan program-program yang telah dirancang.

Latihan ini akan dipandu oleh pelatih-pelatih terpilih dan akan fokus pada pengembangan atlet-atlet yang dinilai potensial berdasarkan analisa tim evaluasi pada PON XXI.

Richard juga meminta doa dan dukungan dari semua pihak agar proses persiapan menuju Olimpiade 2028 dapat berjalan dengan baik.

Ia berharap dengan adanya persiapan yang matang, Indonesia dapat bersaing di level internasional, khususnya di Olimpiade mendatang yang akan diselenggarakan di Amerika Serikat,

"Kita terus mengisi sisa waktu yang ada. Proses panjang dan berkesinambungan harus diisi dengan latihan sehingga bisa sampai ke Olimpiade di Amerika," kata Richard.

Tujuh provinsi yang sebelumnya meraih medali emas pada PON XX/2021 Papua yakni Jawa Barat sembilan, Jawa Tengah empat, DKI Jakarta tiga, Sulawesi Tengah satu, Bali satu, Sumatera Barat satu, dan Papua satu.

Sementara itu, 10 provinsi yang meraih medali emas pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 yakni Jawa Barat delapan, Jawa Tengah empat, DKI Jakarta tiga, Bali satu, DI Yogyakarta satu, Jawa Timur satu, Sumatera Utara satu, Gorontalo satu, Kepulauan Riau satu dan Banten satu.

Baca juga: Jabar rajai taekwondo PON XXI dengan mengunci delapan emas

Baca juga: KONI ingin pembinaan taekwondo dikawal hingga lolos kualifikasi Olimpiade


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024