Banda Aceh (ANTARA) - Ganda putra soft tenis Jawa Barat Fernando Sanger/Tio Juliandi berhasil menuntaskan revans atas pasangan Kalimantan Timur Muhammad Reski Asrian/Rizki Zami demi memenangkan medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Dalam partai final soft tenis ganda putra PON XXI yang berlangsung di Lapangan Soft Tenis Mapolda Aceh, Banda Aceh, Minggu, Fernando/Tio sukses menang 5-0 atas Reski/Rizki dan menyabet medali emas sekaligus membalaskan kekalahan 3-5 yang mereka derita di babak penyisihan.

Fernando/Tio sejak menit-menit awal pertandingan sudah mampu mencetak poin dengan mudah. Bahkan, keduanya sudah ungguk 2-0 atas Reski/Rizki saat pertandingan baru berlangsung sekira 15 menit.

Dominasi Fernando/Tio berlanjut sepanjang pertandingan, pukulan demi pukulan yang mereka lepaskan gagal dipatahkan oleh Reski/Rizki. Hingga waktu berakhir, pasangan Kalimantan Timur itu tidak dapat mencetak skor sama sekali, sehingga Fernando/Tio menang dengan skor telak 5-0 atas Reski/Rizki.

Tio mengakui kemenangan kali ini menjadi buah perjuangan ia bersama Fernando yang berusaha bangkit dari kekalahan di babak-babak sebelumnya.

"Sebelumnya, kami memang kalah di babak penyisihan. Mungkin karena kami lengah dan kurang menekan dari awal. Itu menjadi pelajaran untuk kami dan akhirnya kami balas di final. Alhamdulillah, apa yang kami rencanakan untuk dimainkan hari ini, berjalan dengan sempurna,: kata Tio yang juga diamini oleh Fernando.

Baca juga: Soft tenis - Jakarta raih emas ganda putri dengan skor ketat
Baca juga: PP Pesti: Soft tenis masuk PON adalah pencapaian luar biasa


Mereka mengaku senang bisa mencatatkan sejarah menjadi penerima medali emas dalam cabang olahraga soft tenis yang secara perdana dipertandingkan di level PON.

"Target kami memang medali emas. Harga mati. Alhamdulillah berhasil," kata Tio.

Fernando dan Tio masih berpeluang menambah koleksi medali emas Jawa Barat melalui cabang olahraga soft tenis, ketika turun dalam nomor beregu putra.

Sementara itu, Manajer Kontingen Soft Tenis Jawa Barat, Uus Suyana, meyakini capaian medali emas ganda putra oleh Fernando/Tio bisa berlanjut pada nomor beregu putra.

"Saya merasa yakin, dengan materi yang ada, bahwa kami juga beberapa kali try out, kemarin mewakili Indonesia di kejuaraan dunia di Korea, paling tidak menjadi penguat untuk beregu putra dan kami bisa meraih satu medali emas lagi," kata Uus.

Berikut perolehan medali ganda putra soft tenis PON XXI 2024:

1. Medali emas: Fernando Sanger dan Tio Juliandi (Jawa Barat)
2. Medali perak: Muhammad Reski Asrian dan Rizki Zami (Kalimantan Timur)
3. Medali perunggu: Indra Adiguna dan Rafi Rassendra (Jakarta) serta Arham Hadi Darma dan Muhammad Rizki Jabir (Sulawesi Selatan)

Baca juga: Renang - Emas ketiga Izzy dan rekor baru PON 800m gaya bebas putri
Baca juga: Karate - Panitia pastikan wasit juri telah berlisensi nasional

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024