Medan (ANTARA) - Satuan Polairud Kepolisian Resor (Polres) Tanjungbalai, Sumatera Utara (Sumut), mengintensifkan patroli di pelabuhan kecil yang bertujuan untuk mencegah barang ilegal masuk di wilayah ini.

"Patroli ini merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan, untuk mengantisipasi barang ilegal yang masuk di perairan Tanjungbalai," ujar Kepala Polres Tanjungbalai AKBP Yon Edi Winara di Kota Tanjungbalai, Minggu.

Baca juga: Polres Tanjungbalai tangkap penumpang kapal feri karena miliki sabu 

Yon mengatakan personel Polairud melaksanakan patroli dengan menyusuri pelabuhan sepanjang perairan dan menghentikan kapal yang mencurigakan, di antaranya dalam patroli tersebut pada posisi atau titik koordinat N 2° 59' 52.1016"E 99° 49' 17.6412".

"Ketika itu, personel mengejar dan melakukan pemeriksaan terhadap kapal tanpa nama tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan secara keseluruhan, personel tidak menemukan barang yang dilarang aturan hukum," kata Yon.

Selain pemeriksaan barang bawaan kapal, Kapolres mengatakan personel juga melakukan pengecekan terhadap fisik kapal untuk memastikan tidak ada kebocoran serta membawa alat keselamatan berlayar saat melaut.

Baca juga: Polres Tanjungbalai tangkap 11 PMI ilegal pulang dari Malaysia

Personel juga mengimbau kepada para nelayan agar turut serta aktif untuk memberikan informasi kepada pihak kepolisian jika ada kapal yang mencurigakan masuk ataupun keluar di Tanjungbalai ini.

"Pemeriksaan tersebut dilakukan Satuan Polairud untuk menjaga keamanan Kota Tanjung Balai dari masuknya narkoba, PMI ilegal, pakaian bekas, dan barang ilegal lainnya," kata Yon Edi.

Menurut dia, selama patroli yang ditingkatkan tersebut terkonfirmasi situasi dalam keadaan aman dan kondusif di wilayah yang berjuluk Kota Kerang ini.

Di sisi lain, Polres Tanjungbalai juga aktif melakukan patroli malam guna mencegah kejahatan jalanan, baik itu curanmor, begal dan kejahatan lainnya.

Baca juga: Polres Tanjungbalai tangkap 10 orang diduga jaringan narkoba
Baca juga: Kejari Tanjungbalai eksekusi Rp808 juta terkait perkara narkotika
Baca juga: Polisi tangkap kapal tanpa nama di perairan Tanjungbalai Sumut

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024