Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memimpin klasemen sementara nomor pertandingan foursome putra golf ronde pertama Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Royal Sumatra Golf Course, Medan, Sumatera Utara, Minggu.

Sumut berhasil memimpin klasemen sementara nomor pertandingan tersebut berkat tim yang beranggotakan Rayhan Latief dan Asa Najib, dengan catatan 66 pukulan atau enam under (di bawah) par (pukulan maksimal yang harus dipenuhi) dalam satu ronde.

Adapun pada ronde pertama pertandingan kali ini, par yang ditetapkan sebanyak 72 pukulan dengan 18 holes.

Pada ronde pertama, Rayhan dan Najib mencatatkan lima kali birdie pada hole 1, 9, 10, 16, dan 17 serta tanpa bogey.

Setelah Sumut, pada peringkat T2 klasemen sementara bertengger tim Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng), dengan masing-masing perolehan 71 pukulan atau satu under par.

Tim Jabar diperkuat oleh Randy Arbenata dan Alfred Raja, sedangkan tim Jawa Tengah diperkuat Amadeus Christian dan Nicolas Angga.

Selanjutnya pada peringkat T4, klasemen sementara diduduki oleh Jawa Timur (Jatim) dan tim Sumut lainnya, yang mencatatkan 72 pukulan atau par. Tim foursome putra Jatim beranggotakan William Justin dan Jonathan Manuel, sedangkan Sumut diperkuat Christian Sinuhaji dan Mikail Jaydra.

Pada peringkat keenam, ada tim foursome putra DKI Jakarta yang terdiri atas Gabriel Hansel dan Kentaro Nanayama dengan perolehan 73 pukulan atau satu over (di atas) par.

Begitu pula pada peringkat ketujuh, terdapat tim lainnya dari DKI Jakarta yang berisikan Luke Moore dan Rifqi Alam, dengan 74 pukulan atau dua over par.

Sementara pada peringkat T8, ada empat tim yang bertengger, yakni Aceh, Riau, Lampung, serta Kalimantan Timur (Kaltim), dengan masing-masing mencetak 76 pukulan atau empat over par.

Tim foursome putra Aceh diperkuat oleh Syamsuddin dan Mustafa Thaib, Riau diperkuat oleh Baginda dan Farhan Fadillah, Lampung meliputi Axel Emeralda dan Hermato, serta Kaltim berisikan Joyo Paturusi dan Jainuddin.

Nomor pertandingan foursome putri dan foursome putra digelar dalam dua ronde, yaitu pada 15-16 September 2024. Kemudian pada 17-18 September 2024 akan digelar nomor foursome mix (campuran).

Sebelumnya, telah digelar pertandingan nomor perorangan putra, perorangan putri, beregu putra, dan beregu putri pada 12-14 September 2024.

Pada nomor perorangan putra, beregu putri, dan beregu putra medali emas diraih oleh DKI Jakarta.
Sementara pada nomor perorangan putri, medali emas diraih oleh tuan rumah, Sumut.

Baca juga: DKI Jakarta unggul di ronde pertama nomor foursome putri golf

Baca juga: Jakarta sabet dua medali emas golf nomor beregu pada PON 2024

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024