Jakarta (ANTARA) -
Forum Human Capital Indonesia (FHCI) memanfaatkan hasil dari Charity Golf Tournament 2024 yang digelar pada Minggu untuk program FHCI Smart, program beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dalam rangka mengembangkan SDM Indonesia.
 
“Kami memberikan pelatihan kepada para mahasiswa berprestasi sebagai penerima beasiswa untuk Sertifikasi MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) melalui program FHCI Smart dari beberapa perguruan tinggi, yakni Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Bina Nusantara,” kata Ketua Umum FHCI Agus Dwi Handaya, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.
 
Agus menyampaikan bahwa kegiatan Charity Golf Tournament 2024 yang digelar di Damai Indah Golf Club – BSD Course, Banten, itu berhasil menghimpun dana sebesar Rp200 juta.

Baca juga: Agus Dwi Handaya terpilih menjadi Ketua Umum FHCI 2024-2027
 
Turnamen golf tersebut diikuti oleh 125 peserta yang terdiri atas perwakilan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkolaborasi dengan 49 perusahaan dari entitas perusahaan BUMN, swasta, dan mitra FHCI. Acara itu pun menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahim dan meningkatkan keakraban antaranggota serta stakeholder FHCI.
 
Terkait dengan FHCI Smart, Agus menjelaskan pelaksanaan program tersebut akan dimulai dengan menyelenggarakan pelatihan kepada 500 mahasiswa yang dijadwalkan pada akhir September 2024. Dari total 500 mahasiswa, 100 peserta terbaik akan mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan Sertifikasi MSDM yang akan diselenggarakan di Menara BTN pada awal Oktober 2024 mendatang.

Baca juga: Kementerian BUMN dan LinkedIn jalin kemitraan pembelajaran strategis
 
Program FHCI Smart merupakan inisiatif yang dirancang untuk menyalurkan dana sosial dalam bidang pendidikan dengan mengembangkan keterampilan dan talenta mahasiswa melalui pemberian beasiswa untuk pelatihan dan sertifikasi SDM. Program itu sejalan dengan tiga pilar tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN, yaitu bidang prioritas pendidikan, lingkungan, dan pengembangan usaha mikro kecil (UMK).
 
Melalui FHCI Smart, tercipta kolaborasi antara pemerintah, perusahaan, dan institusi pendidikan guna memperkuat jaringan kemitraan strategis. Program tersebut juga menjadi jembatan antara mahasiswa dan kebutuhan dunia kerja yang sejalan dengan program-program FHCI, seperti Magang Generasi Bertalenta (Magenta) dan Rekrutmen Bersama BUMN (RBB).
 
Dalam kegiatan Charity Golf Tournament 2024, telah dilakukan penyerahan simbolisasi program FHCI Smart yang dilakukan oleh Ketua Bidang 10 Partnership, Main Events, dan Membership FHCI Eko Waluyo.

Baca juga: FHCI: pengembangan SDM wujudkan transformasi perusahaan

Simbolisasi itu diterima oleh masing-masing perwakilan dari perguruan tinggi, yaitu Dekan Business School Undergraduated Program Universitas Bina Nusantara Dr. Ir. Hardijanto Saroso, M.MT., M.M., CDMS, CBV; Plh. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Arief Wibisono Lubis, Ph.D; dan Direktur Pengembangan Karir, Kewirausahaan, dan Hubungan Alumni Institut Pertanian Bogor drh. Sukma Kamajaya, M.M., beserta perwakilan mahasiswa penerima program FHCI Smart.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024