Medan (ANTARA) -
Pemkot Medan menyebutkan, bahwa nilai transaksi Festival Kuliner Medan 2024 menyambut kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 mencapai Rp575 juta lebih.
 
"Selama berlangsung ajang ini, total nilai transaksi para pelaku UMKM keseluruhan mencapai Rp 575 juta lebih," ucap Pj Sekda Kota Medan Topan Obaja Putra Ginting, di Medan, Ahad.
 
Artinya, lanjut dia, ajang yang diselenggarakan oleh Pemkot Medan ini membawa keberkahan bagi sebanyak 140 tenan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kota Medan.
 
Festival Kuliner Medan 2024 tersebut menyajikan beragam aneka makanan dan jajanan khas Kota Medan yang berlangsung, di Lapangan Benteng Medan pada 10-14 September 2024.
 
"Ajang ini tadi malam ditutup. Dan selama acara berlangsung, berarti setiap harinya sekitar Rp100 juta lebih nilai transaksi berputar pada ajang ini," kata dia.
 
Topan juga mengaku, sebanyak 140 tenan UMKM yang mengikuti ajang ini menunjukkan bahwa Kota Medan kaya kuliner bersamaan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024.
 
Pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 dibuka pada 9 September 2024 di Aceh oleh Presiden Joko Widodo, dan ditutup pada 20 September 2024 di Sumut oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
 
Dilansir laman Kementerian Pemuda dan Olahraga pelaksanaan PON di Aceh mempertandingkan 33 cabang olahraga, 42 disiplin cabang olahraga, 510 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 5.636 atlet dan 2.752 ofisial.
 
Sementara pelaksanaan PON di Sumatera Utara mempertandingkan sebanyak 34 cabang olahraga, 46 disiplin cabang olahraga, 602 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 6.281 atlet dan 3.140 ofisial.
 
"Sehingga tidak salah apabila Wali Kota Medan Pak Bobby Nasution membuat tagline 'The Kitchen of Asia' terhadap kota Medan," ujar Topan Ginting.
 
Tika, pelaku UMKM Kota Medan mengikuti Festival Kuliner Medan 2024 mengatakan, ajang seperti ini menjadi kesempatan bagi para pelaku UMKM.
 
Terutama untuk mempromosikan berbagai produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM, dan membantu meningkatkan omzet penjualan.
 
"Kami senang adanya ajang seperti ini karena dapat memajukan UMKM Kota Medan, semoga setiap tahun ada festival kuliner yang diselenggarakan Pemkot Medan," tutur Tika sembari memasarkan produk Rice Bowl.
 
Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Pj Sekda Kota Medan Topan Obaja Putra Ginting resmi menutup Festival Kuliner Medan 2024, di Lapangan Benteng Medan, Sabtu (14/9) malam.
 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024