Dalam ajang itu Komunitas Film Roemah Tumbuh kota Jambi diberikan sesi spesial bertajuk "Fokus Jambi" untuk memperkenalkan karyanya di kancah global
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kota Jambi memastikan dukungan terhadap sinematografer lokal yang menampilkan karyanya ke mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi Maryani Yanti di Jambi, Minggu mengatakan Pemkot Jambi memfasilitasi pengembangan salah satu sub sektor ekonomi kreatif, termasuk mendorong perkembangan sub sektor perfilman.

Sebagai informasi dunia perfilman Jambi membuat gebrakan di mancanegara. Lewat Komunitas Film Roemah Tumbuh, Kota Jambi mencatatkan prestasinya di kancah international dengan tampil di ajang pesta Filem Kota Bharu - Sinema Sinimo Tahun 2024 di Negeri Jiran Malaysia.

Pada ajang yang diselenggarakan oleh Dewan Persatuan Hokkien Kelantan, Kota Bharu Malaysia, dari 13 sampai dengan 16 September 2024, Komunitas Film Roemah Tumbuh Kota Jambi tampil mengesankan dengan berhasil meraih prestasi gemilang dengan masuk pada putaran final Pesta Filem Kota Bharu 2024.

Dalam ajang itu Komunitas Film Roemah Tumbuh kota Jambi diberikan sesi spesial bertajuk "Fokus Jambi" untuk memperkenalkan karyanya di kancah global itu.

Yanti berharap tim Jambi dalam ajang tersebut dapat meraih prestasi yang lebih tinggi lagi dan menjadi motivasi bagi penggiat perfilman di Jambi.

"Kami sangat bangga atas prestasi tersebut, ini menunjukkan bahwa film-film karya anak lokal Jambi bisa bersaing di kancah internasional," katanya.

Dengan diproduseri Husni Turion dan disutradarai Yusril Mahendra, pada sesi bertajuk Fokus Jambi itu menghadirkan tiga film Jambi, dengan judul Mendayung Harapan (2021), Batanghari Tak Pernah Ingkar Janji (2020), dan Langit Tak Berujung (2023).

Film Mendayung Harapan yang di sutradarai oleh Yusril Mahendra pada 2023 lalu juga pernah meraih penghargaan di Hongkong melalui ajang Asia Pasific Youth Micro Movie Film Festival.

Produser film Husni Turion mengatakan momentum tersebut merupakan alat pemacu semangat untuk terus berkarya.

"Semoga ini menjadi semangat buat kawan-kawan di Jambi khususnya, agar terus berkarya dan memperkenalkan Jambi di dunia internasional," singkatnya.

Sesi Fokus Jambi ditampilkan pada 14 September 2024 dengan membawa nuansa lokal dan cerita khas Jambi ke hadapan penonton Internasional.
Baca juga: K3 diharapkan masuk kurikulum di sekolah perfilman
Baca juga: Delegasi RI hadiri Cannes 2024 guna perkuat sinema di kancah global
Baca juga: Capaian Kemendikbudristek bangun ekosistem perfilman nasional

Pewarta: Tuyani
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024