Cianjur (ANTARA) - Kepolisian Resort (Polres) Cianjur, Jawa Barat, mempercepat pemberlakuan sistem satu arah menuju Puncak, Bogor guna mengantisipasi macet total pada libur panjang Maulid Nabi 2024.

Pantauan ANTARA di lokasi, ,antrean kendaraan sudah terlihat sejak Minggu pagi hingga petang dengan laju tersendat di titik rawan macet mulai dari Jalan Raya Ciherang hingga kawasan Puncak Pass, sehingga sejumlah rekayasa arus seperti penyekatan dan sistem buka tutup diberlakukan petugas kepolisian.

Baca juga: Rekayasa lalin di jalur wisata Puncak berlangsung hingga Senin

Menjelang petang, pengendara yang melintas dari jalur Cianjur diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi guna mengantisipasi terjadinya macet total di jalur Puncak seiring ekor antrean dengan laju tersendat terus memanjang sekitar lima kilometer.

Antrean panjang kendaraan juga terlihat di sejumlah jalur alternatif yang terdapat di sepanjang jalur Cipanas, terutama di jalan masuk dan keluar tempat wisata seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan Savilage Puncak.

Seratus lebih anggota Satlantas Polres Cianjur melakukan pagar betis agar antrean kendaraan tidak terus memanjang sehingga menyebabkan macet total, sebelum diberlakukan sistem satu arah menuju Bogor guna mencairkan antrean.

Kasatlantas Cianjur AKP Anjar Maulana mengatakan seiring tingginya volume kendaraan yang melintas di perbatasan Puncak-Cianjur, sejak Sabtu (14/9) malam, pihaknya memberlakukan sejumlah rekayasa arus, termasuk menyiagakan seratus petugas di jalur utama Cianjur.

"Kami sudah siagakan petugas sejak Sabtu malam sampai Senin (16/9), di mana petugas mengamankan arus yang keluar masuk menuju tempat wisata di sepanjang kawasan Cipanas agar tidak terjadi antrean dengan laju terhenti," katanya.

Menurut dia, seiring tingginya volume kendaraan menuju arah Bogor menjelang petang, pihaknya mempercepat pemberlakuan sistem satu arah guna mencegah terjadinya macet total di kawasan Puncak.

"Kita percepat sekitar pukul 16.00 WIB setelah berkoordinasi dengan Polres Bogor, kemungkinan akan berlangsung cukup lama setelah ekor antrean mencair dan arus kembali melintas normal," katanya.

Pihaknya memprediksi volume kendaraan akan terus meningkat hingga Senin petang, di mana wisatawan yang mendominasi jalur utama Puncak-Cianjur dengan tujuan tempat wisata, sehingga sejumlah rekayasa arus akan diberlakukan termasuk menutup jalur menuju Puncak dari Cianjur.

Baca juga: Volume kendaraan di jalur wisata Puncak meningkat saat libur panjang
Baca juga: Pemkab Bogor perkuat identitas budaya lokal di kawasan wisata Puncak
Baca juga: Pemkab Bogor-KemenPUPR buat desain percantik kawasan wisata Puncak

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024