Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Aceh mengumpulkan medali emas ketiganya pada cabang olahraga anggar lewat nomor floret beregu putra yang berlangsung di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu.

Tim Aceh yang diperkuat oleh Erwan Tona, Yudi Anggara Putra, dan Zaidil Al Muqaddin berhasil mengalahkan kontingen Jawa Barat (Jabar) dalam pertandingan final yang dramatis.

Kontingen Jabar, yang terdiri dari Adi Selamat, Christian Vieri, dan Ihsan Ariesda Solihin, hanya mampu mencatatkan skor akhir 40 setelah Aceh unggul dengan skor 45.

Jabar mencoba mengejar dan menyejajarkan skor, namun Aceh berhasil mematahkan upaya Jabar sejak babak pertama hingga kesembilan.

Sebagai tuan rumah, Aceh mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat yang antusias memenuhi GOR Anggar. Mereka bersorak dan bergembira saat Erwan Tona menutup pertandingan dengan perolehan skor akhir 45-40.

Baca juga: Anggar-Aceh borong emas dan perak sekaligus dari sabel individu putri

Sebelumnya, Aceh telah memiliki dua emas dari nomor perorangan yang disumbang oleh atlet anggar Indra Agus Setiawan (sabel perorangan putra) dan Ummi Nadra (sabel perorangan putri).

Selain itu, Aceh telah mengumpulkan dua perak yang disumbang oleh Yudi Anggara Putra (floret perorangan putra) dan Bifani Ivana Cordelea (sabel perorangan putri, serta satu perunggu oleh Saidinanda Mulkan (sabel perorangan putra).

Pada Minggu di tempat yang sama juga berlangsung pertandingan untuk nomor degen beregu putri.

Baca juga: Anggar - Riau kumpulkan emas ketiganya lewat floret beregu putri

Cabang olahraga anggar pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 mempertandingkan 12 nomor untuk putra dan putri. Nomor untuk kategori putra antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Begitu pula nomor untuk kategori putri antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Cabang olahraga anggar pada PON XXI diikuti oleh 26 kontingen provinsi. Pertandingan anggar berlangsung pada 11-16 September 2024.

Senin (16/9) menjadi hari pertandingan anggar terakhir pada PON XXI yang ditutup dengan degen beregu putra dan sabel beregu putri.

Baca juga: Emas anggar sabel beregu putra diraih kontingen Jawa Tengah

Baca juga: Anggar - Jateng sabet emas pertamanya nomor degen individu putra


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024