Aceh Timur (ANTARA) - Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil merebut medali emas cabang olahraga sepak takraw Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dari nomor tim ganda putri setelah mengalahkan Jakarta.

Bertanding di Gedung Idi Sport Center, Idi, ibu kota Kabupaten Aceh Timur, Minggu, Sulawesi Selatan mengalahkan Jakarta dengan skor tipis 2-1.

Dengan kemenangan tersebut, tim putri Sulawesi Selatan berhasil menyandingkan medali emas nomor tim ganda setelah sebelumnya tim putra Sulawesi Selatan meraih medali emas di nomor yang sama usai mengalahkan Jawa Timur.

Dengan kekalahan tersebut, Jakarta meraih medali perak. Sedangkan medali perunggu diraih Jawa Timur dan Aceh setelah kedua provinsi tersebut menjadi juara tiga bersama.

Pada partai puncak tersebut, Sulawesi Selatan sempat kecolongan setelah tim pertama kalah dalam tiga set yakni 12-15, 15-11, dan 9-15. Namun, di tim kedua, Sulawesi Selatan mampu menyamakan kedudukan 1-1.

Baca juga: Sepak takraw Sulsel raih medali emas nomor tim ganda putra

Pada pertandingan tersebut, kedua tim bermain sama-sama ngotot. Keduanya saling kejar mengejar dalam pengumpulan poin. Sulawesi Selatan mampu memenangi laga set pertama dengan poin 15-8 serta 15-11 pada set kedua.

Dengan kemenangan tim kedua tersebut, Sulawesi Selatan mampu menyamakan kedudukan 1-1, sehingga pemenang partai puncak nomor tim ganda putri ditentukan oleh tim ketiga. Tim ketiga Sulawesi Selatan akhirnya menutup pertandingan dengan poin 15-7 dan 15-6

Pada pertandingan tim ketiga tersebut wasit memindahkan lapangan dari Lapangan III ke Lapangan II karena cahaya matahari masuk ke Gedung Idi Sport Center, sehingga menyilaukan pemain yang bertanding.

Dalam partai final, Sulawesi Selatan menurunkan pemain yakni Hasmawati, Fujy Anggy Lestari, Yuliana, Madiana, Sarlina, Erika Vitria, Lestari, Febryanti, Kusnelia, dan Astriana.

Sedangkan Jakarta diperkuat Dita Pratiwi, Jasmini, Syifa Fauziyah, Yunita Indria, Munawarah, Asmaaul Husna, Mauli Saisa Agustin, Salma Chamila Zaen, serta Alda Aulia Apriliana.

Baca juga: Sepak takraw - Jateng raih medali emas kuadran putri

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024