Deli Serdang, Sumatera Utara (ANTARA) - Atlet Sumatera Utara Samuel Marbun memenangi medali emas nomor sanda kelas 65kg putra cabang olahraga wushu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut usai lawannya tak melanjutkan pertandingan.

Dalam pertandingan yang digelar di GOR Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu, Samuel tampil impresif menghadapi perlawanan atlet Sumatera Utara Akbar Rizky Dwi Putra.

Babak pertama berhasil dimenangi peraih perak SEA Games 2023 itu setelah dua kali mengirim Rizki keluar dari arena.

Saat jeda babak kedua, Rizky terlihat mengalami masalah pada kakinya. Selang beberapa saat, wasit mengumumkan bahwa atlet 18 tahun itu cabut diri dari pertandingan. Dia pun berhak atas medali perak.

Adapun Samuel dinobatkan sebagai pemenang. Hasil pertandingan tersebut dinyatakan default on the field (DF). Raihan emas ini menjadi peningkatan prestasi bagi Samuel setelah pada PON XX Papua atlet 25 tahun itu hanya memperoleh medali perak.

Medali perunggu kelas 65kg putra diraih Bayu Raka Putra dari Jawa Tengah dan Muhammad Abian dari Kalimantan Timur setelah keduanya terhenti di semifinal.

Bagi Bayu, prestasi ini sedikit menurun, mengingat pada PON sebelumnya dia berhasil meraih medali Perak. Bayu sebelumnya juga sukses mengunci medali perunggu pada SEA Games 2023.

Cabang olahraga wushu PON XXI Aceh-Sumut digelar pada 12 hingga 15 September. Sebanyak 29 medali emas, 29 medali perak, dan 40 perunggu diperebutkan dari 29 nomor yang dipertandingkan.


Baca juga: Wushu - Jakarta sabet emas nomor sanda lewat penampilan solid Jumanta

Baca juga: Wushu - Yusuf pertahankan emas PON dalam pertandingan satu babak

Baca juga: Wushu - Fereddy sabet emas untuk Sumut usai tumbangkan atlet Aceh


 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024