Jakarta (ANTARA) - Ormas Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Provinsi DKI Jakarta mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta pada 27 November 2024.
 
Deklarasi dukungan itu disampaikan Ketua DPD Bapera Provinsi DKI Jakarta Basri Baco saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Bapera di Jakarta, Minggu.
 
"Deklarasi dukungan Bapera DKI Jakarta kepada Bapak Ridwan Kamil dan Ustadz Suswono sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2024-2029," kata Basri Baco.
 
Dia mengatakan, Bapera DKI Jakarta siap mendukung dan memenangkan pasangan RIDO pada Pilkada Jakarta 2024.
 
Pihaknya juga bakal melaksanakan kerja dan aksi nyata dalam menyosialisasikan visi-misi serta program kerja pasangan RIDO pada Pilkada Jakarta 2024.
 
"Kami, Bapera DKI Jakarta melaksanakan program kerja dengan menggerakkan perangkat pengurus dan kader dari tingkat provinsi sampai tingkat kelurahan di DKI Jakarta," tegasnya.

Baca juga: RK akui sudah kirim pesan dan tunggu waktu bertemu Anies dan Ahok
 
Basri Baco mengatakan rapat ini dihadiri oleh seluruh pengurus Bapera tingkat kota/kabupaten hingga kecamatan. Mereka dihadirkan untuk mempererat koordinasi dan barisan demi memenangkan pasangan RIDO di Jakarta.
 
"Setelah ini kami ada Rapat Kerja Daerah, salah satunya membahas program kerja dan konsolidasi organisasi, serta membahas program kerja yang bertujuan untuk memenangkan pasangan Ridwan Kamil dan Suswono," tuturnya.
 
Sekretaris DPD Partai Golkar DKI itu meyakini dukungan Bapera akan memberikan dampak yang signifikan kepada RIDO karena 14 kader Bapera merupakan anggota DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029 dari berbagai partai.
 
"Tentunya mereka memiliki massa dan konstituen yang bisa diarahkan untuk memenangkan pasangan RIDO," ujarnya.
 
Karena itu, dia optimistis dukungan kepada pasangan calon RIDO akan bertambah seiring masifnya komunikasi dan kerja politik anggota dewan tersebut di masyarakat.

Baca juga: RK ingin dengar aspirasi disabilitas hingga berkenalan dengan ormas
 
Meski Bapera merupakan ormas umum, namun mereka tetap menentukan langkah politik. Hal ini sebagaimana konsekuensi logis dari struktur kepemimpinan Bapera di Jakarta.
 
Selain Baco yang berasal dari Partai Golkar berada di Bapera, Ahmad Riza Patria (Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta) juga merupakan Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Bapera DKI. Sementara, Partai Golkar dan Partai Gerindra berada di koalisi yang sama, yakni Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusung pasangan RIDO.
 
"Jadi sudah menjadi kewajiban kami untuk mendukung RK dan Suswono. Sebelum penentuan Ketua Wantim dan Ketua Bapera, rencana Rakerda dan deklarasi sudah ada tapi kami kaget di dalam perjalanan bisa nyambung," katanya.
 
Apalagi, Ahmad Riza Patria saat ini ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan RIDO dan Baco ditunjuk sebagai Sekretaris Tim Pemenangan RIDO.
 
"Ini nggak dirancang sendiri tapi memang rencana langit (kehendak Allah) karena niat baik Bapera juga untuk pasangan RIDO ini," katanya.

Baca juga: Temui Sutiyoso, Ridwan Kamil-Suswono bahas kemacetan dan banjir
 
Dia menyatakan pasangan RIDO jauh memiliki pengalaman sebagai sebagai kepala daerah maupun memimpin instansi pemerintah lainnya.
 
Basri Baco mencontohkan RK sebelumnya Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 yang pernah memimpin daerah dengan jumlah rakyat yang begitu banyak dan beragam.
 
"Dia berhasil memimpin Provinsi Jawa Barat dan juga punya pengalaman sebagai wali kota (Bandung) sehingga sangat pas untuk jadi gubernur DKI Jakarta demi membangun Jakarta yang lebih baru dan dan maju," kata dia.
 
Untuk memaksimalkan dukungan kepada RIDO, Bapera DKI akan membentuk tim sendiri. Pada tahap awal, pihaknya akan melakukan konsolidasi masif dan mendata ulang struktur hingga ke tingkat RW tersebut.
 
"Setelah itu kami akan menyusun program yang kira-kira bisa membantu menyosialisasikan, ini berbagai program ya bisa pengabdian masyarakat, program sosialisasi dengan pemasangan spanduk atau stiker, program bagi-bagi kacamata baca atau lain-lain," kata dia.

Baca juga: Ridwan Kamil sebut Ahmad Riza Patria calon kuat ketua timses
 
Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) di Jakarta, Minggu (16/9/2024). ANTARA/Syaiful Hakim
Sementara itu, Bacagub Jakarta Ridwan Kamil (RK) merasa tersanjung dengan dukungan yang disampaikan oleh Bapera DKI dalam menghadapi Pilkada Jakarta.
 
Menurut dia, dukungan Bapera sangat berpengaruh untuk kemenangannya karena diisi oleh para aktivis yang kerjanya selalu bisa diandalkan.
 
Dia sangat berbahagia ada organisasi kumpulan para aktivis-aktivis Jakarta yang terhimpun dalam Barisan Pemuda Nusantara.

"Ini dukungan yang lengkap dari seluruh wilayah oleh para aktivis yang kerjanya memang selalu hiperaktif, selalu membuat kegiatan dan kali ini selama dua bulan lebih akan disalurkan energinya untuk memenangkan pasangan RIDO," ujarnya.
 
Dia berharap kehadiran Bapera yang mendukung pasangan RIDO ini dapat menghadirkan kekuatan dan semangat dalam melawan kandidat saat Pilkada Jakarta. Apalagi Ketua Umum Bapera Fahd A. Rafiq menargetkan, kemenangan 70 persen bagi pasangan RIDO saat Pilkada Jakarta.
 
"Ada target dari ketumnya (70 persen), tentu saya haturkan terima kasih. Mudah-mudahan angka yang disampaikan oleh Ketum Fahd (Ketum Bapera) dikabulkan," katanya.
Baca juga: Cak Lontong: Banyak tokoh ingin gabung tim Pemenangan Pramono-Rano

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024