Deli Serdang, Sumatera Utara (ANTARA) - Atlet Jawa Tengah Yusuf Widianto mempertahankan medali emas nomor sanda 56kg putra cabang olahraga wushu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut dalam pertandingan satu babak.

Dalam pertandingan yang digelar di GOR Disporasu, Deli Serdang Sumatera Utara Minggu, Yusuf, yang pada PON XX Papua meraih emas di nomor yang sama, menuntaskan perlawanan atlet Sumatera Utara Elbi Elisius Brahmana di babak pertama.

Sejak awal pertandingan, Yusuf tampil trengginas dengan menekan Elbi melalui pukulan dan tendangan kuat. Beberapa kali atlet tuan rumah tersebut harus "mencium matras" usai terkena bantingan.

Puncaknya, wasit menyudahi pertandingan saat babak pertama tersisa sekitar 40 detik karena Yusuf dinilai terlalu dominan. Atlet 30 tahun tersebut dinyatakan win by gap point (WPD) atau menang dengan selisih poin jauh.

Sementara itu, Boston Siagian, yang pada PON XX Papua meraih medali perak, harus puas berbagi medali perunggu dengan atlet Jawa Timur Zulfikar Ubaidillah Riky setelah keduanya gugur di semifinal.

Cabang olahraga wushu PON XXI Aceh-Sumut digelar pada 12 hingga 15 September. Sebanyak 29 medali emas, 29 medali perak, dan 40 perunggu diperebutkan dari 29 nomor yang dipertandingkan.

Baca juga: Wushu - Fereddy sabet emas untuk Sumut usai tumbangkan atlet Aceh

Baca juga: Wushu - Ade Permana raih emas tanpa bertarung usai lawan alami cedera

Baca juga: Wushu - Thania tak tertandingi usai sabet emas sanda kelas 60kg putri

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024