Banda Aceh (ANTARA) - Tim tuan rumah Aceh menargetkan dapat mengumpulkan jumlah medali emas lebih tinggi dibandingkan yang mereka dapatkan dalam PON Papua XX 2021 dalam cabang tarung derajat Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut 2024 yang digelar di Bale Meuseuraya Aceh (BMA), Kota Banda Aceh.

“Kami di PON Papua mendapatkan tiga medali emas, satu medali perak dan lima perunggu,” kata Ketua Umum Tarung Derajat Aceh Muhammad Alfatah di Banda Aceh, Minggu.

Ia menjelaskan saat PON XX Papua 2021 di cabang tarung derajat Aceh meloloskan 10 atlet dan alhamdulillah sembilan atlet berhasil meraih medali.

Menurut dia saat pelaksanaan di Banda Aceh tentu asa untuk mampu meraih medali lebih banyak ada tapi dirinya tak ingin jumawa dan meremehkan tim lain yang sama berjuang untuk menjadi pemenang.

“Secara manusia normal kami ingin ada medali emas lebih banyak, apalagi kami juga tuan rumah tapi it semua tergantung keputusan Allah SWT nantinya. Kami berusaha memberikan yang terbaik,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya kontingen tarung derajat Aceh sudah melakukan pemusatan latihan dan melakukan persiapan yang cukup panjang dalam menghadapi PON 2024 ini.

Menurut dia pemusatan latihan digelar di Kawah Drajat Bandung untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan atlet Aceh yang akan berlaga di PON Aceh Sumut 2024.

Ia mengatakan ada sejumlah atlet senior dan juga atlet baru yang bertanding membela Aceh saat ini. Ada juga atlet yang berlaga di PON XX Papua juga ikut bertanding di Aceh.

“Kami berharap tentu mendapatkan hasil yang bagus dan mendapatkan medali emas di cabang tarung derajat ini,” kata dia.

Sebelumnya sebanyak 21 medali emas yang akan diperebutkan 22 provinsi yang menjadi peserta di cabang olahraga tarung derajat ini dari nomor pertandingan tarung dan seni gerak untuk atlet putra, putri dan campuran di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Total ada 21 nomor pertandingan yang dipertandingkan yang terdiri dari nomor tarung bebas sebanyak 14 nomor yakni putra yakni kelas 49,1-52 kg putra, 52,1-55 kg putra, 55,1-58 kg putra, 58,1-61 kg putra, 61,1-64 kg putra. Kemudian kelas 64,1-67 kg putra, 67,1-70 kg putra, 70,1-75 kg putra dan 75,1-80 kg putra.

Selanjutnya tarung bebas putri mulai dari kelas 45,1-50 kg putri, 50,1-54 kg putri, 54,1- 58 kg putri, 58,1- 62 kg putri, dan kelas 62,1-66 kg putri.

Setelah itu untuk nomor pertandingan seni pria ada ranger tunggal, getar berpasangan, dan garang beregu.

Untuk di kelas putri juga dipertandingkan nomor seni ranger tunggal, getar berpasangan, dan ranger beregu. Selain itu, satu medali emas diperebutkan juga di nomor campuran pertandingan getar beregu.

Baca juga: Papua juara umum tarung derajat PON XX hanya diperkuat satu atlet

Baca juga: Guru Rimba dan Guru Badai beri pengarahan jelang pertandingan PON

Baca juga: 21 medali emas diperebutkan di cabang tarung derajat


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024