Nabi Muhammad juga merupakan contoh sempurna dari seorang pemimpin sehingga keteladanan Rasulullah harus menjadi pegangan dalam membangun masyarakat yang adil, damai dan sejahtera
Manokwari (ANTARA) - Bupati Manokwari, Papua Barat Hermus Indou menyatakan Nabi Muhammad SAW merupakan sosok sempurna yang bisa dijadikan teladan untuk pemersatu masyarakat majemuk.

"Saya mengajak umat Muslim untuk terus meningkatkan dan memperdalam kecintaan terhadap sosok Rasulullah yang telah menyempurnakan ajaran Islam," kata Hermus saat memberi sambutan pada Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad 1446 H/2024 di Masjid Al Falah Manokwari, Minggu.

Baca juga: Pj Wali Kota Mojokerto ajak masyarakat teladani sifat Rasulullah

Ia mengatakan, dengan rasa cinta dan kasih sayang Nabi Muhammad mampu membangun peradaban Muslim yang bisa hidup rukun dengan umat beragama lain.

Selain itu, juga melalui ajaran Islam, Nabi Muhammad juga mengajarkan untuk tidak membeda-bedakan seseorang berdasarkan suku, warna kulit, ras, daerah dan sebagainya.

Nabi Muhammad juga merupakan contoh sempurna dari seorang pemimpin sehingga keteladanan Rasulullah harus menjadi pegangan dalam membangun masyarakat yang adil, damai dan sejahtera.

"Kita harus mencontoh Nabi Muhammad terutama untuk menciptakan perasaan saling menghargai, tolong-menolong serta menghormati antara kita di Manokwari sebagai daerah yang majemuk," ujarnya.

Ia menambahkan, perayaan Maulid Nabi Muhammad merupakan momentum yang tepat untuk meneladani dan memperdalam kecintaan pada Rasulullah dalam setiap aspek kehidupan baik individu, keluarga maupun masyarakat.

"Marilah semangat tolong-menolong dan cinta kasih sayang yang diajarkan Rasulullah menjadi semangat kita untuk mengatasi masalah sosial di Kabupaten Manokwari," katanya.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Manokwari Muh Mansyur mengatakan Tabligh Akbar Maulid Nabi diselenggarakan dengan berkolaborasi dengan seluruh organisasi masyarakat (ormas) Islam se Manokwari.

Baca juga: KAI Daop 1: Penumpang hari ini naik 51 persen karena libur Maulid Nabi

Tabligh akbar menghadirkan dua orang penceramah yaitu KH Amaluddin La Mani dan Habib Ali Hasan Aljufri.

Dalam ceramahnya, KH Amaluddin menyatakan Nabi Muhammad adalah satu-satunya manusia sempurna yang diciptakan Allah SWT baik dalam segi akhlak maupun ilmu.

Semua aspek yang dilakukan nabi, baik itu mulai dari pemilihan makanan, minuman, hingga perilaku dapat dijadikan teladan oleh umat manusia.

"Dia adalah manusia paling sempurna. Bahkan yang mengakui kehebatan nabi bukan kita umat Muslim, banyak peneliti-peneliti hebat dari Eropa yang notabene non Muslim menjadikan Rasulullah sebagai figur pemimpin terbaik atau orang paling berpengaruh dunia," katanya.

Habib Ali Hasan Aljufri dalam ceramahnya mengatakan, empat sifat utama Rasulullah adalah jujur, amanah atau dapat dipercaya, orang yang pandai atau cerdas dan tablig artinya orang yang menyampaikan.

"Dari kecil Rasulullah tidak pernah berdusta selalu jujur sehingga selalu dipercaya orang, dan setiap wahyu Allah selalu disampaikan," ujarnya.

Baca juga: Maulid, meneladani cinta tak bersyarat Nabi Muhammad

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024