Tidak ada istilah libur, kami bersama instansi terkait terus bergerak demi warga terdampak bencana kekeringan
Kabupaten Bekasi (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat bersama Palang Merah Indonesia (PMI) dan Satgas Pramuka menyalurkan bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan di sejumlah titik.
 
"Tidak ada istilah libur, kami bersama instansi terkait terus bergerak demi warga terdampak bencana kekeringan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi di Cikarang, Minggu.

Baca juga: Pemkab Bekasi kembali distribusikan air bersih di delapan kecamatan
 
Dia mengatakan, total bantuan air bersih yang disalurkan hari ini berjumlah 98.000 liter ditambah 175 galon air mineral siap konsumsi dengan sasaran wilayah-wilayah terdampak kekeringan berstatus krisis air bersih.
 
Distribusi dilakukan kepada masyarakat yang tinggal di sejumlah titik meliputi delapan wilayah kecamatan terdampak kekeringan yakni Kecamatan Babelan, Sukawangi, Muaragembong, Cabangbungin, Cikarang Timur, Serang Baru, Bojongmangu, dan Cibarusah.
 
Di Kecamatan Babelan, bantuan 10.000 liter air bersih dikirimkan BPBD kepada warga Desa Bunibakti dan Kedungjaya. Sedangkan di Sukawangi, bantuan 5.000 liter dari BPBD untuk warga Desa Sukabudi, ditambah 10.000 liter dari PMI kepada warga Desa Sukaringin.
 
Kemudian di Kecamatan Muaragembong, BPBD mendistribusikan 5.000 liter air bersih untuk warga Desa Jayasakti. Ditambah 16.000 liter dan 175 galon air mineral dari Satgas Pramuka di Desa Jayasakti, serta 10.000 liter dari PMI kepada warga Desa Pantai Harapan Jaya.

Baca juga: BPBD: 44.079 warga Cilacap telah terima bantuan air bersih
 
Selanjutnya 10.000 liter untuk warga Desa Jayabakti dan Jayalaksana di Kecamatan Cabangbungin, serta 5.000 liter air bersih untuk warga Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur.
 
Bantuan air bersih juga didistribusikan di wilayah selatan mencakup 10.000 liter air bersih untuk masyarakat Desa Ridogalih di Kecamatan Cibarusah.
 
Kemudian 10.000 liter air bersih dari PMI Kabupaten Bekasi untuk warga Desa Medalkrisna di Kecamatan Bojongmangu, serta 7.000 liter kepada warga Desa Cilangkara, Kecamatan Serang Baru.
 
"Hingga kini pemerintah daerah secara gotong royong telah mendistribusikan bantuan 1.657.300 liter air bersih kepada warga terdampak kekeringan di 41 desa yang tersebar di 12 kecamatan sepanjang periode tanggap darurat bencana," kata dia.

Baca juga: Sumber air baru yang menyejukkan warga Sumba Barat Daya

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024