Jakarta (ANTARA) - Bagi masyarakat yang menggemari kuliner khas Indonesia, di Jakarta kini telah tersebar restoran yang menyediakan menu-menu khas dari sejumlah daerah di Indonesia.
 
Dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu, ketersediaan beragam menu yang tentu akan memudahkan masing-masing anggota keluarga atau teman untuk mencicipi menu Nusantara sesuai selera dalam satu restoran.
 
Berikut rekomendasi lima restoran khas Nusantara yang lezat di Jakarta dan layak untuk dinikmati bersama orang terdekat.
1. Restoran Seribu Rasa
 
Restoran Seribu Rasa memiliki 10 Cabang di Jakarta yang terletak di Menteng, Gunawarman, Gatot Subroto, Summarecon Bekasi, Plaza Indonesia, Gandaria City, Central Park, Lotte Shopping Avenue, Lippo Mall Puri dan Lippo Mall Kemang.
Interior Restoran Seribu Rasa. (ANTARA/HO-Vox Populi)
 
Restoran ini menyajikan ragam menu masakan khas Indonesia yang dimasak langsung oleh chef berpengalaman dalam masakan Indonesia. Ada menu chicken satay nusantara, gulai fish head tasik, jimbaran fried fish, dan lainnya.
 
Pengunjung, terutama bagi Muslim, tidak perlu khawatir saat menyantap makanan di sini karena semua menu makanan di Restoran Seribu Rasa tidak mengandung babi, mirin, angciu, dan sejenisnya. Harga menu makanan di restoran tersebut berada di kisaran Rp65 ribu - Rp100-an ribu.
 
Restoran Seribu Rasa buka dari hari Senin hingga Minggu mulai pukul 11:00 WIB - 22:00 WIB.
 
2. Cerita Rasa Restaurant
 
Restoran ini menyediakan menu makanan khas Indonesia yang cukup lengkap. Mulai dari masakan dari daerah di Pulau Jawa hingga masakan khas Sumatera.
Interior Cerita Rasa Restaurant. (ANTARA/HO-Vox Populi)
 
Ada sejumlah makanan yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Cerita Rasa Restaurant, antara lain nasi goreng kambing, gado-gado, rawon, dan sate maranggi. Selain itu, ada ragam minuman tradisional Indonesia yang bisa secara langsung dicicipi di sini.
 
Cerita Rasa Restaurant buka setiap hari Senin hingga Minggu pukul 10:00 WIB - 22:00 WIB.
 
Jika Anda ingin merasakan menu masakan Indonesia di sini, lokasinya ada di Jl. Ampera Raya No.9, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
3. Sumber Asli: Kuliner Tempo Dulu
 
Alternatif restoran Indonesia yang dapat dikunjungi selanjutnya adalah Sumber Asli: Kuliner Tempo Dulu. Restoran tersebut menyediakan ragam jenis kuliner asli Indonesia, mulai dari tumis oncom, nasi campur bali, nasi sop ikan aceh, nasi mangut lele, hingga nasi megono pantura yang jarang ditemui di restoran lainnya.
Tampak depan Restoran Sumber Asli: Kuliner Tempo Dulu. (ANTARA/HO-Vox Populi)
 
Berada di Jalan Cipete Raya No.11, Jakarta Selatan, restoran Sumber Asli: Kuliner Tempo Dulu buka dari hari Senin hingga Jumat pukul 08:00 - 21:00 WIB serta hari Sabtu, Minggu, dan hari libur pukul 07:00 - 21:00 WIB.
 
4. Sate Khas Senayan
 
Berdiri sejak tahun 1974, restoran yang salah satunya terletak di Senayan City, Jakarta Selatan itu menawarkan sejumlah masakan khas Indonesia. Mulai dari seafood, hidangan daging sapi, gulai kambing hingga pecel madiun.
Tampak depan Restoran Sate Khas Senayan. (ANTARA/HO-Vox Populi)
 
Harga menu di Restoran Sate Khas Senayan dibanderol mulai dari Rp26 ribu (khusus menu pembuka) dan sate-satean mulai dari Rp30 ribu. Restoran Sate Khas Senayan buka setiap hari Senin hingga Minggu pukul 10:00 - 22:00 WIB.
 
5. Restoran Bunga Rampai Menteng
 
Terakhir, ada Restoran Bunga Rampai yang terletak di Jl. Teuku Cik Ditiro No.35 RT 10/RW 5, Menteng, Jakarta Pusat. Restoran Bunga Rampai mengusung konsep fine dining dan menyediakan menu mulai dari harga Rp86 ribu (khusus menu pembuka) dan Rp100 ribu-an untuk menu utama.
Tampak depan Restoran Bunga Rampai. (ANTARA/HO-Vox Populi)
 
Ada ragam menu khas Nusantara yang disajikan di restoran tersebut, antara lain sate maranggi, kerapu kuah bali, dan masakan lainnya. Restoran Bunga Rampai buka setiap hari Senin hingga Minggu pukul 11:00 - 21:00 WIB.

Baca juga: Ubud Food Festival rayakan kuliner kaki lima dan kekayaan gastronomi 
 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024