Banda Aceh (ANTARA) - Atlet panahan Diananda Choirunisa dan Riau Ega pada Minggu menyumbangkan emas kedua untuk Jawa Timur.

Kepastian tersebut diperoleh usai Diananda-Riau mengatasi perlawanan tim recurve mixed Jawa Tengah, Fathiyya Erista Maharani dan Daffa Indika Haidar, 5-1 (39-33, 33-30 dan 36-36) pada nomor recurve mixed Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu.

Memulai set pertama, Diananda dan Riau Ega melesatkan tiga kali percobaan dengan raihan poin sempurna. Diananda dan Riau Ega total mengoleksi 39 poin. Sementara itu duet Fathiyya-Daffa tak mampu mengejar usai hanya mengoleksi total 33 poin. Kedudukan berubah 2-0 untuk keunggulan Jatim.

Di set kedua, Fathiyya-Daffa sempat unggul terlebih dahulu usai percobaannya menghasilkan poin sembilan. Namun Diananda-Riau Ega mampu membalikkan kedudukan usai total mengamankan 33 poin sedangkan Fathiyya-Daffa hanya mengemas 30 poin dari empat kali percobaan. Jawa Timur unggul 4-0.

Memulai set kedua, Daffa melesatkan poin sempurna pada percobaan pertama membuat Jawa Tengah unggul. Namun dalam tiga kali percobaan terakhir poin yang diamankan Fathiyya-Daffa mampu disamakan oleh Diananda-Riau Ega yang sama-sama mengoleksi 36 poin dari empat kali percobaan. Dengan hasil seri di set ketiga telah cukup untuk membawa Jawa Timur menyegel medali emas usai menang dengan skor 5-1.

Koleksi satu medali emas ini juga kian melengkapi perolehan medali emas Jatim yang diraih di nomor recurve tim putri yang sebelumnya telah dipertandingkan.

Selain itu dengan perolehan tambahan dua medali ini kian melengkapi dominasi Jawa Timur yang sebelumnya telah mengamankan medali emas di nomor recurve individu putri, setelah Diananda mengatasi rekan satu pelatnas-nya, yang jadi kontingen Jawa Barat, Syifa Nur Afifah Kamal di babak final dengan skor 6-0.

Baca juga: Diananda Choirunisa dkk sumbang medali emas panahan untuk Jatim

Baca juga: Panahan - Diananda kantongi emas pertama untuk Jatim

Baca juga: Jatim lumat Kalteng 5-1 di semifinal panahan recurve beregu campuran

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024