Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.500 pelari dari berbagai komunitas lari hingga atlet lari nasional ikut ambil bagian dalam Jawara Run 2024 yang tidak hanya menawarkan kegiatan lari tetapi sekaligus berbagi dengan sesama. 

Digelar di Broadway, The FlavorBliss Alam Sutera, sebagian dari pendapatan Jawara Run 2024 akan didonasikan ke Yayasan Kursi Putih yang merupakan sebuah lembaga nonprofit di bidang pendidikan dan pembangunan karakter generasi muda.

"Dengan waktu yang relatif singkat yakni sekitar dua bulan saja, kami cukup terkejut dengan antusias dari pendaftar. Akhirnya kita membuka 1.500 pelari untuk kegiatan Jawara Run 2024," kata penyelenggara acara Periasman Effendi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

"Kami sisihkan juga beberapa persen untuk didonasikan ke Yayasan Kursi Putih."

Selain sebagai kegiatan amal, Jawara Run juga bertujuan untuk mencetak atlet-atlet lari dari Banten. Bakat-bakat muda bisa ikut ambil bagian dalam acara ini, Jawara Run adalah ajang unjuk kebolehan dan kompetisi antara sesama pelari.

"Kita juga ingin mencetak lah pelari-pelari dari Banten juga," ujar Periasman.

Jawara Run 2024 merupakan rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun ke-37 Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP-INI) dan HUT ke-64 Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT).

Baca juga: HA IPB gelar IPB Run Half Marathon 2024

Pengurus Wilayah IPPAT yang juga Ketua Panitia Jawara Run Michael Wisnoe Barata mengatakan acara ini dapat terlaksana karena dukungan sejumlah komunitas lari yang ikut ambil bagian, salah satunya adalah komunitas para notaris gemar lari yakni Notary Runners Indonesia (NRI).

"Kita ini juga didukung oleh komunitas-komunitas pelari. Kalau di kita itu ada notary runner Indonesia dan juga komunitas lainnya nah itu memang cukup efektif untuk menjangkau masyarakat umum dan juga di sini ada pelari-pelari nasional, kita juga surprise juga sebenarnya," kata Michael.

Kendati ajang itu dipersiapkan dalam waktu yang lumayan singkat, namun menurut Michael, Jawara Run sukses terlaksana nyaris tanpa ada hambatan, semua berjalan mulus sesuai rencana awal.

Sementara itu, Pengurus Wilayah IPPAT Banten Diah Sukma Permata Riani mengatakan Jawara Run akan menjadi agenda tahunan yang digelar rutin untuk menyambut HUT INI dan IPPAT, sebab pada acara perdana ini animo masyarakat sangat besar.

"Acara ini akan dibuat sebagai acara tahunan. Jadi memang acara ini acara pertama kali yang dikerjakan secara kilat hanya dua bulan saja dengan peserta yang mencapai 1.500 orang lebih, kita bersyukur Alhamdulillah ini berjalan dengan baik," ujar Diah.

Baca juga: Garmin gelar Road to Garmin Run untuk kampanyekan lingkungan
Baca juga: Ribuan pelari dalam dan luar negeri ikuti "Sleman Temple Run 2024

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024