Jakarta (ANTARA) -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri Malam Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 di Tangerang, Banten, Sabtu.

Pada kesempatan tersebut, Sandi menyampaikan, selama empat tahun AKI berdiri, AKI terbukti mampu melahirkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dimana melalui program ini pihaknya bukan hanya bisa mengatasi pandemi, tapi juga bisa memulihkan ekonomi. 

“Sehingga mendorong lahirnya ribuan pelaku ekonomi kreatif yang pada akhirnya menyumbangkan lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif sebanyak 25 juta,” ujarnya. 

Sandi menambahkan, pihaknya mengucapkan selamat kepada 12 peserta AKI terbaik 2024 yang terpilih dari total 6.680 pendaftar, dengan peserta terpilih sebanyak 400, di mana selama empat tahun AKI telah hadir di 60 kota di 31 provinsi di Indonesia, mulai dari Aceh sampai Merauke. 

"AKI 2024, dengan semangat MENYALA MENDUNIA, dengan harapan AKI menjadi batu loncatan bagi produk & usaha kreatif Indonesia naik #TOTHENEXTLEVEL", ucap Sandi.

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) merupakan platform yang dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif bagi para pelaku industri dan komunitas kreatif melalui peningkatan kapasitas dan berpameran bagi para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi/games, film, dan musik. 

Terbagi menjadi tiga tahapan pelaksanaan, yaitu bootcamp sebagai sesi penambahan ilmu bisnis, pameran, dan nantinya peserta terbaik dari berbagai kota penyelenggaraan AKI 2024 kemudian diikutkan dalam pameran puncak AKI ini.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024