Jakarta (ANTARA) - Galeri Indonesia Kaya bersama EKI Dance Company menampilkan cerita rakyat Lutung Kasarung dalam format pertunjukan musikal di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Sabtu (14/9).

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers galeri di Jakarta, Minggu, Direktur Program Galeri Indonesia Kaya Renitasari Adrian menyampaikan bahwa Lutung Kasarung merupakan salah satu cerita rakyat yang dihadirkan dalam format video melalui Program #MusikalDiRumahAja.

Antusiasme para penikmat seni terhadap Program #MusikalDiRumahAja mendorong Galeri Indonesia Kaya untuk menghadirkan deretan cerita rakyat dari serial web tersebut dalam bentuk pertunjukan musikal.

Pertunjukan musikal Lutung Kasarung, yang berlangsung selama kurang lebih 60 menit, disutradarai oleh Ara Ajisiwi. Penata musiknya Oni Krisnerwinto.

Baca juga: Teater musikal "Interaksi" dihadirkan kembali pada akhir Agustus
 
Potongan adegan dalam pertunjukan musikal Lutung Kasarung di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Jakarta pada Sabtu (14/9/2024). (ANTARA/HO-Galeri Indonesia Kaya)


Baca juga: Indra Bekti perankan tokoh Punakawan di Pagelaran Sabang Merauke

Pentas musikal Lutung Kasarung menghibur penonton dengan komedi dan aksi teater, tari dan lagu, serta dukungan multimedia atraktif.

"Semoga persembahan ini dapat bermanfaat dan menghibur para penikmat seni sehingga akhir pekan para penikmat seni semakin berwarna," kata Nala Amrytha selaku produser dan pemeran Purbasari dalam pertunjukan musikal tersebut.

Lutung Kasarung merupakan legenda dari tanah Sunda tentang Sanghyang Guruminda, yang turun ke bumi sebagai sosok lutung buruk rupa dan membantu seorang putri bernama Purbasari.

Purbasari memiliki penyakit kulit parah karena dikutuk oleh saudaranya yang jahat, Purbararang. Dia bertemu dengan Lutung Kasarung saat diasingkan di tengah hutan.

Lutung Kasarung lantas membantu Purbasari kembali ke istana dan mengambil haknya yang dirampas oleh Purbararang. 

Baca juga: Pertunjukan teater Keluarga Cemara jadi pilihan selama libur sekolah

Baca juga: Kemendikbud perkuat ekosistem seni pertunjukan lewat festival musikal

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024