Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah berita humaniora dalam sepekan masih menarik untuk dibaca, mulai dari pendeklarasian Mutis Timau di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai taman nasional ke-56, hingga Pansus Angket Haji menemukan dugaan adanya manipulasi data di Siskohat.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
Menteri LHK deklarasikan Mutis Timau jadi Taman Nasional ke-56
 
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mendeklarasikan Taman Nasional Mutis Timau di Nusa Tenggara Timur (NTT), menandai wilayah konservasi itu sebagai Taman Nasional ke-56 di Tanah Air.
 
Menurut keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (9/9), Menteri LHK Siti Nurbaya melakukan deklarasi tersebut secara daring dari Denpasar, Bali dan telekonferensi dari NTT pada Minggu (8/9).
 
Selengkapnya baca di sini
 
Rektor UGM: Wanagama Nusantara dukung IKN sebagai kota hutan
 
Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Ova Emilia mengatakan Wanagama Nusantara yang diinisiasi UGM merupakan wujud komitmen mendukung pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai kota hutan atau forest city.
 
"UGM berkomitmen memberi kontribusi dalam mewujudkan IKN sebagai smart forest city melalui konsep Wanagama Nusantara," kata Ova dalam keterangan resmi diterima di Yogyakarta, Jumat (13/9).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Presiden Jokowi lantik Gus Ipul jadi Menteri Sosial
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial (Mensos) definitif menggantikan Tri Rismaharini yang kini maju di kontestasi Pilkada 2024.
 
Pelantikan Syaifullah Yusuf digelar di Istana Negara Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB, sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 102B 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.
 
Selengkapnya baca di sini.

BMKG lakukan modifikasi cuaca antisipasi hujan saat pembukaan PON XXI
 
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mencegah hujan turun saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.
 
"Operasi modifikasi cuaca ini sebagai antisipasi agar nanti pada saat pembukaan tidak turun hujan yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan proses pembukaan PON," kata Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Kelas I SIM Nasrol Aidil di Banda Aceh, Senin (9/9).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Anggota Pansus Haji temukan dugaan manipulasi data di Siskohat
 
Anggota Panitia Khusus (Pansus) Angket Penyelenggaraan Haji 2024 DPR RI Wisnu Wijaya menyampaikan bahwa pihaknya menemukan dugaan manipulasi data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag).
 
Menurut Wisnu dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (11/9), dugaan manipulasi data itu berdampak pada adanya jadwal keberangkatan jamaah haji yang tidak sesuai dengan ketentuan.
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024